LPKA Palu Berpartisipasi dalam Memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2024

Suaramedannews, Palu– Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) turut serta berpartisipasi dalam menyambut Hari Kekayaan Intelektual (KI) Tahun 2024, Rabu, (24/4) Pagi.

Hari KI Sedunia diperingati pada tanggal 26 April setiap tahunnya. Peringatan ini ditujukan untuk mempelajari peran hak kekayaan intelektual (HAKI) dalam mendorong inovasi dan kreativitas.

Pada kesempatan tersebut, LPKA Palu turut berperan aktif dalam memeriahkan perayaan Hari KI Sedunia ke-24 di tahun ini. Hal tersebut terlihat saat pemasangan spanduk, umbul-umbul, banner di lingkungan kantor LPKA Palu.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan Hari KI Sedunia Tahun 2024 kali ini mengangkat tema “Kekayaan Intelektual dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan : Membangun Masa Depan Bersama dengan Inovasi dan Kreativitas”.

“Kita pastikan untuk terus saling mendukung, mendorong dan menjaga kekayaan intelektual bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia khususnya daerah Sulawesi Tengah,” kata Revanda

Selanjutnya Revanda menjelaskan, Kekayaan intelektual dibagi menjadi dua kategori yaitu Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri yang terbagi menjadi 5 jenis yaitu Paten, Merek, Desain Industri, Rahasia Dagang dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.

Ia membeberkan, di Tahun 2023 pihaknya telah mendaftarkan pada HAKI Kanwil Kemenkumham Sulteng sebuah Karya Musik dengan judul lagu “LPKA Palu Ceria” yang diciptakan oleh para pegawainya.

Ia juga berharap agar kedepannya bukan hanya dari para pegawainya, namun karya para anak binaan juga dapat di berikan Hak Cipta untuk melindungi dan menjaga pembuat karya.

“Jadi lagu tersebut sekarang sudah memiliki Hak Ciptanya, besar harapan, para anak binaan juga dapat menciptakan sebuah karya. Pastinya hal itu menjadi tugas dan tanggung jawab kami,” harapnya

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengatakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari KI Sedunia tahun 2024 antara lain, Podcast,Guru KI (RuKI) Bergerak bagi Para pelajar SMA dan SMK, Klinik KI Bergerak.

“Kegiatan itu bertujuan untuk menanamkan pengetahuian mengenai Kekayaan Intelektual sejak Dini secara sederhana melalui seamnagat berkarya dan berinovasi bagi pelajar SMA dan SMK,” pungkas Kakanwil Hermansyah Siregar.(Rel/Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *