PEMKAB SAMOSIR SERAHKAN BANTUAN PERTANIAN KEPADA KELOMPOK TANI

Sauaramedannews.com, Samosir – Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom kembali menyerahkan bantuan barang pemerintah berupa pupuk organik cair dan alat pertanian kepada kelompok tani di Halaman Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian,Rabu,(20/12/2023).

Bantuan sumber dana APBD Kabupaten Samosir 2023 yang diserahkan antara lain, pupuk organik cair sebanyak 7.900 liter, Kapur pertanian 50 ton, handsprayer 206 unit, hand traktor 5 unit. Untuk tahun 2023, Pemkab Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian juga akan membagikan bantuan molase sebanyak 12.800 liter dan EM 4 sebanyak 12.800 liter.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan pemberian bantuan sebagai bukti komitmen Pemkab Samosir untuk terus mendukung pertanian, guna meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten Samosir.

Disampaikan bahwa para kelompok tani yang terdaftar di Kabupaten Samosir telah mendapat bantuan pupuk gratis dari Pemkab Samosir dan tahun depan akan tetap memberi perhatian dengan pemberian bantuan.

Maka diharapkan petani yang belum masuk kelompok tani agar segera bergabung guna mendapat bantuan dari pemerintah.

“Kami berkomitmen untuk tetap membantu petani, sehingga kedepan pertanian di Samosir dapat semakin meningkat, yang muara ujungnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.” kata Vandiko.

Bupati Samosir menghimbau agar bantuan yang diberikan digunakan sebaik mungkin, sebab bantuan yang diberikan pemerintah hanya bersifat stimulan, sebagai perangsang memacu semangat. Petani diharapkan memanfaatkan penyuluh pertanian untuk konsultasi sehingga pertanian dapat berhasil.

“Saya harapkan bantuan ini dapat diaplikasikan dan dibagi merata, jangan dijual” tegas Vandiko

Menjelang pemilu, Bupati Samosir meminta seluruh lapisan masyarakat menyukseskan pemilu secara damai. Semoga damai dan sukacita Natal menyertai kita, titip salam kepada seluruh keluarga, semoga selama di Samosir para perantau dapat menikmati dan membawa suasana yang baik, kata Vandiko mengakhiri.

Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom menjelaskan selain bantuan yang diberikan saat ini, Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir telah memberikan bantuan pupuk organik cair sebanyak 8.160 liter, pembenah tanah M5 sebanyak 2.250 liter, Handsprayer sebanyak 200 unit, mesin Chopper 6 unit dan mesin power treser 1 unit. Bantuan diserahkan kepada para kelompok tani di Kabupaten Samosir dari 9 Kecamatan.

Turut hadir, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis PUTR Rudimantho Limbong, TBPP Marhuale Simbolon dan Raun Sitanggang.

(Reporter:Fery Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *