*PWNU Sumut Mengikuti Forum Internasional Asean IIDC 2023*

suaramedannews.com,Jakarta – Ketua PWNU Sumut KH. Marahalim Harahap mengikuti kegiatan Asean Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (Asean IIDC) 2023 di Jakarta, pada 06/08/2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dimulai 6 – 8 Agustus 2023 dan dipusatkan di The Ritz Carlton Hotel Jakarta yang turut dihadiri sejumlah tokoh nasional dan internasional, para pemimpin agama dan budaya Negara Asean, akademisi, politisi, dan berbagai lintas tokoh lainnya.

Asean IIDC 2023 merupakan forum internasional di kawasan Asia Tenggara yang digagas oleh PBNU dan menjadi inisiatif lanjutan setelah penyelenggaraan G20 Religioun Forum (R20) 2022 dan Muktamar Fikih Peradaban 2023.

Forum internasional ini akan menjadi forum strategis untuk Indonesia dalam melakukan trobosan penting dalam menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara juga mendukung stabilitas dan perdamaian global.

KH. Marahalim Harahap menjelaskan bahwasanya diselenggarakannya Asean IIDC 2023 oleh PBNU ialah meletakkan agama menduduki posisi sentral di kancah politik global.

“Bagaimana agama memiliki peran terhadap ide dan nilai dalam kancah internasional yang saat sekarang ini ide dan nilai tersebut malah didapatkan dari luar agama dan bukan dari agama itu sendiri” Ujar Marahalim.

Asean IIDC 2023 turut dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Konferensi Asean IIDC 2023 juga dilakukan beberapa sesi dari sejumlah tokoh di Asia Tenggara, Tokoh Internasional dan akademisi global yang membahas isu global. Turut berhadir diantaranya Nadiem Makarim (Indonesia), Phra Anil Sakya (Thailand), Syed Farid al Attas (Singapura), Marry An Glendon (Harvard University), Salman Syed Chishty (India), Martinho G. Silva Gusmao (Timor Leste), Suos Yara (Kamboja), dan berbagai tamu undangan lainnya.

( Reporter:Anto/Editor:Supriadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *