Wabup Sampaikan Jawaban Bupati Deliserdang Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang LPJ APBD TA 2021

Suaramedannews.com, Deliserdang – Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar sampaikan jawaban Bupati Deli Serdang terhadap Pandangan Umum Fraksi Mengenai Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Deli Serdang Tahun Anggaran (TA) 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam, Selasa, (19/7/2022).

Penyampaian ini mengenai penjelasan Bupati Deli Serdang terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Deli Serdang TA 2021.

Rapat Paripurna DPRD Deli Serdang tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Amit Damanik bersama Wakil Ketua DPRD lainnya yaitu Drs HT Akhmad Tala’a dan H Nusantara Tarigan Silangit SE MM.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan bentuk pertanggungjawaban kepala daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan kepala daerah wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD.

“Atas pencapaian untuk keempat kalinya opini laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2021 yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara Legislatif dan Eksekutif dan diharapkan pada tahun mendatang opini ini dapat dipertahankan,” sebut Wabup.

Adapun jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi diantaranya, dari Fraksi Partai Gerindra, terkait pencapaian PAD yang belum memenuhi target dapat dijelaskan bahwa hal ini disebabkan masih adanya dampak wabah Covid-19 sehingga realisasi pajak yang belum sesuai dengan target yang ditetapkan terutama pajak restoran, hotel, hiburan dan parkir.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) mengenai Silpa yang seharusnya dapat difungsikan untuk membangun infrastruktur dapat dijelaskan bahwa silpa tersebut merupakan sisa dana yang sudah ditentukan penggunaannya seperti dak fisik, dana sertifikasi guru, dana FKTP, serta dana bos. Hal yang sama juga disampaikan Fraksi Partai Nasional Demokrat.

Selanjutnya Fraksi Partai Golongan Karya mengenai belum maksimalnya pelayanan terhadap kebersihan atau persampahan di lingkungan Kabupaten Deli Serdang.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, terkait dengan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dapat dijelaskan bahwa hasil evaluasi dari KEMENPAN-RB memiliki trend yang positif dari tahun 2020 sebesar 64,39 menjadi 67,08 di tahun 2021.

Sementara dari Fraksi Partai Demokrat, tentang kemiskinan dan pengangguran, hal ini telah ditindaklanjuti antara lain melalui penganggaran dana pemulihan ekonomi nasional sebesar 10 milyar lebih yang diperuntukkan untuk perlindungan sosial dan dukungan ekonomi.

Kemudian dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) terkait pengawasan terhadap belanja transfer dana desa dan alokasi dana desa, dapat dijelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan antara lain melakukan audit tujuan tertentu, review, pemantauan dan evaluasi.

Fraksi Kebangkitan Bintang Nurani Rakyat (F-KBNR) saran mengenai kinerja dan komunikasi, hal ini akan menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah.

Fraksi Persatuan Pembangunan Indonesia, mengenai langkah-langkah konkrit dalam pencapaian target PAD, telah dilakukan upaya antara lain dengan penambahan loket-loket pembayaran, pemasangan alat perekam data transaksi keuangan kepada wajib pajak dan tersedianya sistem pembayaran pajak secara online.

“Atas kritik, saran, masukan dan apresiasi serta kerjasama yang telah terjalin selama ini. Kami berharap pada masa yang akan datang dapat ditingkatkan lagi demi keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Deli Serdang yang sama-sama kita cintai ini”, ucap Wabup HMA Yusuf Siregar sebelum mengakhiri laporannya.

Hadiri pada sidang Paripurna DPRD Deli Serdang, para anggota DPRD Deli Serdang dari setiap Fraksi-Fraksi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Bagian Setdakab serta tamu undangan lainnya.

(Reporter:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *