5000 Jama’ah dan Generasi Millenial Hadiri Maulid Arba’in, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Suaramedannews.com, Medan – Majelis Sholawat Ahlul Kirom dan Forum Kyai Tahlil Sumatera Utara sebagai Shohibul Bait (tuan rumah penyelenggara acara) di Hari Kedua Maulid Arb’ain yang dirangkai dengan kegiatan Sunggal Bershalawat dalam rangka memperingati hari kelahiran (Maulid) Nabi Muhammad SAW selama 40 hari berturut-turut, secara bergiliran dari Majelis ke Majelis, Ahad (17/09/ 2023).

Pengasuh Majlis Sholawat Ahlul Kirom yang juga Ketua Pengurus Wilayah Forum Kyai Tahlil Sumatera Utara KH Akhmad Khambali menjelaskan, kegiatan dalam Maulid Arbain tersebut diisi dengan pembacaan Maulid Ad-Diba’i, kitab yang disusun Syeikh Abdurrahman Ad-Diba’i yang kandungan isinya adalah tentang riwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW, dilanjutkan dengan Mauizhotul Hasanah serta doa.

“Ini adalah bukti kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Dimana oleh karena Nabi Muhammad SAW, umat ini dimuliakan. Dan juga untuk mengambil berkah dari kelahiran Nabi Muhammad, karena beliau sumbernya berkah. Tanpanya kita tidak akan mendapatkan berkah,” ucap Kyai Khambali yang juga Pengurus Harian BPET MUI Pusat.

Pengasuh Pondok Pesantren Darusshofa serta Inisiator Maulid Arba’in di Sumatera Utara KH Mufty Ahmad Nasihin yang diminta sebagai penceramah dalam Mauidzah Hasanah-nya menambahkan, bahwa Beliau dan jama’ahnya juga mengajak seluruh masyarakat Deli Serdang, Binjai, Medan dan sekitarnya untuk terus menggemakan shalawat agar di akherat kelak kita akan mendapat syafa’at Nabi Muhammad SAW.

KH Mufty pun bercerita tentang Maulid. Ia mengaku senang menyambut bulan Maulid Nabi. Ia bertekad untuk mensyi’arkan Maulid Nabi Muhammad SAW di Provinsi Sumatera Utara dan memperkenalkan kepada generasi muda untuk mencintai shalawat.

Kyai Mufty pun berharap, agar Sunggal dan Deli Serdang serta Sumatera Utara diberkahi Allah SWT dan dijaga dari marabahaya dan musibah berkat maulid Nabi Muhammad SAW.

“Maulid mampu membangkitkan rasa rindu kepada Rasulullah SAW. Melalui kegiatan maulid 40 malam,” tutur Kyai Mufty.

Sementara itu di kegiatan yang sama Pembina Majelis Sholawat Ahlul Kirom Menurut Kyai Muhtarom mengajak agar gendaknya umat Islam khususnya Sumatera Utara dapat istiqomah dan niat ikhlas untuk selalu bersholawat atas Rasullullah SAW, agar segala hajat dan ikhtiarnya selalu diridhoi oleh Allah SWT.

Acara Maulid Arba’in ini juga dihadiri Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Wakapoldasu Brigjen Pol Jawari serta jajaran Forkopimda lainnya dari unsur Umaro’ (Pemerintahan Daerah)

Menutup perbincangan Ketua Umum Gema Santri Nusa ini menyampaikan bahwa kegiatan ini tak lepas dari peran teman-teman Majelis yang juga aktif menggelar pembacaan Maulid Diba’i dan Tahlil bersama Majelis Sholawat Ahlul Kirom setiap malam Rabu di Markaz Ahlul Kirom dan dari rumah ke rumah jama’ah.

(Reporter:Indra Matondang/Editor:Fery Sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *