Exif_JPEG_420

Ketua DPC LSM LPPAS RI Kab. Samosir Bastian Simbolon ” Pada Jam Mengajar Sering Guru Tidak Berada di Tempat “

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kab.Samosir Borri Pasaribu, S. Pd (Kanan) Saat Menerima Kunjungan Ketua DPC LSM LPPAS RI Kab. Samosir Bastian Simbolon dan Awak Media diruangannya. (dok.Royziki Feriandi Sinaga)

Suaramedannews.com, Samosir – Sebagai wujud kepedulian pada dunia Pendidikan dan Generasi muda kabupaten Samosir, hari ini Rabu,(19/10/2022) Ketua DPC LSM LPPAS RI Kab. Samosir Bastian Simbolon bersama beberapa rekan awak media mengunjungi kantor Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga Samosir.

Kehadiran rombongan diterima Sekretaris Dinas, walau besar harapan untuk bertemu langsung dengan Kepala Dinas, namun sebagaimana yang di sampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga bapak Borri Pasaribu, S. Pd bahwa bapak Kadis Jonson Gultom, S. Pd kalau Kadis sedang mendampingi bupati untuk memberi batuan korban gempa di Tarutung.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Sekretaris, berlangsung sangat bersahabat, Bastian Simbolon selaku Ketua DPC LSM LPPAS RI (Lembaga Pemantau Pembangunan Dan Aset Republik Indonesia) Kab. Samosir banyak menyampaikan informasi dan usulan, Diantara informasi yang disampaikan tentang masih ditemuinya para guru dan kepala sekolah yang tidak berada di sekolah di jam sekolah saat para insan sosial control (LSM / PERS) mengunjungi sekolah sekolah.

” Ada beberapa sekolah yang saya temukan di Kabupaten Samosir yang gurunya terkadang tidak ada ditempat saat jam mengajar, situasi ini sangat memprihatinkan karena bagai mana kita bisa menciptakan generasi penerus yang handal jika gurunya saja seperti ini “, Jelas Bastian Simbolon.

Lanjut, Bastian Simbolon mengatakan Hal lain dimana adanya bangunan sekolah yang sudah dibangun dengan anggaran yang sangat besar (bangunan sekolahnya sudah sangat bagus), namun jumlah muridnya tidak mencapai 70 orang murid (kelas 1 s/d 6) dan sempat di beberapa waktu yang lalu ketika dikunjungi Ketua LSM LPPAS RI terlihat dimana lingkungan sekolah tersebut sangat tidak terawat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Borri Pasaribu, S. Pd berterimakasih atas masukan dan informasi yang diberikan Ketua DPC LSM LPPAS RI Kab. Samosir Bastian Simbolon dan awak media yang masih peduli dengan keadaan pengajar khususnya Dinas Pendidikan.

” Saya sangat berterima kasih kepada rekan – rekan yang masih peduli dengan dunia pendidikan, masukkan dan informasi rekan semua akan saya coba tindak lanjuti, itu semua demi menciptakan pengajar yang lebih baik lagi kedepannya ” Ucap Sekretaris Dinas.

Sebelumnya ada beberapa masukan yang disampaikan Ketua DPC LSM LPPAS RI Bastian Simbolon dan Awak Media kepada Sekretaris Dinas diantaranya :

1. Agar Pemkab. Samosir melalui Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga bisa mencarikan regulasi yang tepat agar bisa mengalokasikan APBD Kab. Samosir atau Sumber Dana lainnya untuk bisa mendukung Sekolah (Kepala Sekolah, Guru dan Siswa) SMA dan SMK (Negeri & Swasta) yang ada di kabupaten Samosir, guna peningkatan kwalitas siswa lulusan untuk dapat memastikan meningkatnya jumlah siswa yang lulus dan diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Lebih jauh di harapkan agar Pemkab Samosir melalui Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga bisa membantu sekolah untuk pengadaan Bimbingan Tes.

2. Pemkab Samosir melalui Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga agar lebih selektif didalam pelaksanaan pembangunan (rehab) gedung sekolah, dengan tujuan agar tidak terciptanya kesenjangan pembangunan sekolah, dalam artian jangan sampai ada perbedaan yang terlalu mencolok antara satu sekolah yang gedungnya sudah sangat bagus ternyata masih adanya gedung sekolah yang sudah sangat tidak layak untuk proses belajar mengajar.

3. Pemkab Samosir (Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga) diminta untuk segera bisa menyelesaikan persoalan guru guru honor, guna memastikan peningkatan kwalitas para guru yang menjadi salah satu indikator peningkatan kwalitas pendidikan di Kab. Samosir.

Atas beberapa informasi dan masukan yang disampaikan kepada Sekretaris, bapak Borri Pasaribu berjanji akan segerah menyampaikannya kepada Kepala Dinas.

Diakhir pertemuan, Sekretaris menyampaikan terimakasih atas segala informasi dan masukan yang sudah disampaikan, kiranya dapat di tindak lanjuti guna keberhasilan dunia pendidikan di kabupaten Samosir.

(Reporter:Fery Sinaga/Editor:Indra Matondang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *