Mengenang sejarah hijrahnya Nabi Muhamad SAW,warga malintang Julu Pawai Obor

suaramedannews.com,Mandailing Natal- Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Masyarakat Desa Malintang Julu Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar pawai obor.

Kegiatan pawai obor tersebut dilakukan berkeliling di empat desa, dengan mengambil start dari halaman Masjid Raya Al-Anwar Desa Malintang Julu, seterusnya, melintas menuju jalan raya lintas Sumatera terus melewati Desa Malintang, Malintang Jae dan Desa Sidojadi kemudian kembali ke Desa Malintang Julu melalui jalan penghubung Malintang Julu-Sidojadi.

Miswar Hadi Pulungan selaku Kepala Desa Malintang Julu mengatakan, pawai obor merupakan salah satu cara untuk mengenang sejarah hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.

“Kita mengadakan pawai ini untuk merayakan momen perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menyebarkan agama Islam,”ucap Miswar Hadi, (06/07/2024) Sabtu malam.

Seterusnya, menurut Miswar Hadi Pawai Obor ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, akan tetapi menjalin kerukunan bermasyarakat, juga sebagai momen refleksi pada penyambutan tahun baru islam.

“Semangat kebersamaan dalam setiap langkah peserta yang diiringi obor dalam gelaran ini, bisa mencerminkan ajaran Islam yang aman dan damai serta rahmatan lil alamin,” jelas Miswar Hadi.

Sementara, Ketua NNB Desa Malintang Julu Arlis Nasution selaku penggerak Pawai obor memperkirakan, yang mengikuti pawai obor hampir seribu jiwa dari semua kalangan masyarakat Desa Malintang Julu.

“Peserta pawai obor mulai dari anak anak TK, SD, remaja siswa setingkat SLTP dan SLTA, ibu-ibu, ratusan santri Pesantren Musthafawiyah Purba Baru dan pesantren Abinnur Al- Islami, seluruh NNB Desa, Mahasiswa KKN IPTS Yayasan Al-Amin Padang Sidempuan serta seluruh aparat Desa Malintang Julu,” sebut Arlis Nasution.

Berdasarkan pantauan dilokasi kegiatan, Pawai Obor yang merupakan kegiatan rutin tahunan ini tetap menarik perhatian masyarakat setempat untuk menyaksikan berbagai hiasan dari mobil hias dengan lantunan-lantunan sholawat dalam kegiatan tersebut.

(Reporter:Hartono/Editor:Anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *