Pemprov Sumut Gelontorkan Dana Rp126 Milyar Untuk Bangun Jalan di Tapsel

Suaramedannews.com, Tapanuli Selatan – Pemprov Sumut telah menggelontorkan dana sekitar Rp126 Miliar untuk membangun ruas Jalan Provinsi di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemprov Sumut melalui Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Padangsidimpuan, Daksur Hasibuan, saat mendampingi reses Anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar dirangkai peninjauan jalan Propinsi yang akan dibangun di Tapsel, Selasa (17/10/2023) lalu.

“Alokasi anggaran sekitar Rp126 Milliar ini hanya untuk membangun ruas Jalan Provinsi di wilayah Tapsel saja meliputi ruas jalan di Kecamatan Arse, Saipar Dolok Hole dan Aek Bilah,” jelas Daksur Hasibuan.

Diuraikan, pembangunan ini dibagi 11 ruas jalur, dengan rincian 2 ruas jalur di ruas Simpang Sipenggeng-Sipirok, 5 ruas jalur di ruas Sipirok-Simpang Tandosan dan 2 ruas jalur di ruas Simpang Tandosan- Sipagimbar serta 2 ruas jalur di ruas Sipagimbar- Simpang Biru-Batas Paluta.

Menurutnya, sesungguhnya, pembangunan ruas Jalan Provinsi di Tapsel ini merupakan realisasi dari usulan tahun 2020 yang saat itu Bupatinya Syahrul Pasaribu dan direncanakan dikerjakan bertahap mulai tahun 2021, namun tertunda akibat Pandemi Covid-19.

“Kemudian direncanakan dikerjakan tahun 2022, tetapi karena sesuatu hal tertunda lagi, sehingga baru tahun 2023 inilah dapat dikerjakan dsn pekerjaan di lapangan akan secepatnya dimulai,” terang Daksur Hasibuan pada saat peninjauan lapangan yang juga didampingi pihak kontraktor.

Tinjauan lapangan ini dilakuan bersama Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut Syamsul Qamar, mantan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Tapsel Muhammad Rawi Ritonga.

Syahrul Pasaribu kepada wartawan mengatakan, warga Tapsel sangat mendambakan pembangunan ruas jalan ini, karena merupakan urat nadi vital dalam mendorong perekonomian masyarakat di wilayah itu.

“Pembangunan ini patut disyukuri dan semoga dapat terlaksana dengan lancar dan saya minta warga sepanjang titik lokasi pembangunan nanti, dapat mendukung dan membantu kesuksesannya,” pinta Syahrul.

Bupati Tapsel periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini menjelaskan, peningkatan jalan tersebut merupakan wewenang Pemprov Sumut.

Kepada anggota DPRD Sumut dari Daerah Pemilihan 7 yang antara lain Syamsul Qamar, dimintanya agar senantiasa kompak memperjuangkan penuntasan pembangunan ruas jalan provinsi di Tabagsel.

“Pak Syamsul Qamar, tolong kawal terus pembangunannya dan perjuangkan kelanjutannya sesuai aspirasi yang terus disampaikan konstituen bapak di Dapil ini,” tegas Syahrul juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sumut.

Sebelum peninjauan lokasi pembangunan jalan Provinsi, seluruh rombongan mengikuti reses anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar di Kelurahan Sipagimbar, Kecamatan SDH, Kabupaten Tapsel.

Pada reses ini, warga sangat bergembira menyambut rencana pembangunan jalan itu.

Mereka berharap, pembangunannya dapat terus berlanjut, sehingga kondisi sepanjang ruas jalan provinsi ini semakin baik.

Samsul Qamar menyebutkan, reses adalah kunjungan setiap anggota dewan ke Dapil masing-masing untuk menyerap aspirasi konstituen. Kemudian diperjuangkan perealisasiannya di rapat-rapat DPRD.

“Perealisasian pembangunan jalan ini merupakan hasil perjuangan kami untuk menyahuti aspirasi bapak dan ibu semuanya,” katanya

“Jadi, tolong dukung dan bantu pelaksanaan dilapangan agar berjalan dengan lancar,” pintanya.

Mewakili segenap warga, Marpaung berterimakasih kepada Syamsul Qanar Rawi Ritonga dan Syahrul Padaribu yang tak pernah berhenti memperhatikan aspirasi rakyat di Tapsel.

“Akhirnya harapan kami semua tersahuti. Terimakasih juga kepada bapak Kepala Dinas PUPR Sumut yang hari ini diwakili Kepala UPT pak Hasibuan,” ujarnya.

(Reporter:Fery Sinaga/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *