Silaturahmi dan Seminar Ilmiah DPD Aspetri Sumut

Suaramedannews.com, Medan –Bertempat di Wellness Vegan Centre Jalan Multatuli Medan, Senin 13 Juni 2022 lalu DPD Aspetri Sumut Mengadakan seminar ilmiah tentang tanaman obat tradisional. Acara ini di hadiri oleh berbagai macam disiplin ilmu dan profesi yang bertujuan untuk menggali potensi alam terutama tumbuhan yang berkaitan obat-obatan tradisional.

Hadir sebagai pembicara Drs Awaludin Saragih Apt, MSc (Sekretaris) dan Harryjun K Siregar, SST,.M.Fis Ketua DPD Aspetri Sumut. Menurut Pak Awal ( demikian sapaan beliau ) bahwa tanaman obat ini banyak tumbuh di sekitar kita dan sudah dimanfaatkan untuk obat dari nenek moyang kita secara turun temurun dari generasi ke generasi. Penggunaan tanaman obat tradisional ini jauh digunakan sebelum di temukan obat – obatan dari bahan kimia. Contoh dekat, masyarakat kita di daerah pedesaan masih sering menggunakan tanaman seperti jambu biji untuk di ambil daun mudanya sebagai obat diare. Penggunaan bawang merah saat masuk angin dengan cara dikusuk dengan campuran minyak Itu contoh kecil saja yang sering di pakai oleh masyarakat kita.

Dalam paparannya Pak Awal juga menyampaikan agar dalam mengelola tanaman obat ini harus di kelola secara profesional dan mengikuti proses dan prosedur yang telah di tentukan sehingga obat tersebut sesuai dengan takaran dan ukuranya untuk kesehatan. Untuk melengkapi kebutuhan pengelolaan obat tradisional ini DPD Aspetri Sumut telah mengembangkan Laboratorium yang bertujuan untuk membantu para pengelola obat tradisional dapat meneliti khasiat dari tanaman obat tersebut sebelum di gunankan ke pasien.

Kegiatan berupa seminar, diskusi ilmiah ini sering dilakukan oleh DPD Aspetri Sumut. Menurut Haryjun Siregar selaku ketua DPD Aspetri Sumut, yang menyampaikan materi tentang Organisasi Profesi Aspetri bahwa kegiatan seperti ini secara rutin dilakukan 2 minggu sekali, yang sama sebelumnya rutin di adakan di sekretariatan DPD Aspetri Sumut di Komplek Tasbih 2 Medan. Acara ini juga di hadiri oleh anggota dan sahabat Aspetri. Kedepan DPD Aspetri Sumut akan mengadakan Diklat dan praktek membuat ramuan dari tanaman obat di Medan. Dalam hal ini selaku pengurus,Haryjun K Siregar berharap obat tradisional bermanfaat untuk masyakat

Masih di acara yang sama Bu Ana ( foto sebelah kiri ) selaku pengelola Klinik Dr.Susianto Wellness Vegan Center Jln Multatuli no 15 Medan, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih Atas kegiatan yang telah di laksanakan oleh DPD Aspetri Sumut. Dimana diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya dengan sering membuat pelatihan – pelatihan sehingga masyarakat lebih mengenal tanaman obat dan organisasi profesi Aspetri dan seluruh anggota akan memiliki keterampilan dan keahlian sesuai standar baku dalam mengelola dan membuat obat tradisional Indonesia.

(Reporter:Anto/Editor:Supriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *