SMA Negeri 1 Berastagi Rayakan “Kerja Tahun” dihadiri IKA SMANSAGI

suaramedannews.com,Karo- SMA NEGERI 1 BERASTAGI gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengangkat program seni budaya “Panen Raya” dengan menyusung tema :” Habis Cimpa Terbitlah Cinta Budaya.,Selasa -Rabu (30&31/01/2024) di Lapangan SMA NEGERI 1 Berastagi Jalan Jamin Ginting’s Kelurahan Gundaling II Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Program budaya ini disebut “Kerja Tahun SMA NEGERI I BERASTAGI” yang menyajikan adat budaya Karo serta menyajikan menu dan kuliner khas karo terlebih Cimpa.

Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMA NEGERI 1 BERASTAGI, Deni Tarigan (Pak DT) dalam kata sambutannya,Selasa (30/01/2024) di Lapangan SMA Negeri 1 Berastagi.

Pak DT yang juga Skretaris Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Berastagi (IKA SMANSAGI) mengatakan kalau banyak Siswa yang tidak pernah merasakan “Kerja Tahun” di lingkunganya, contohnya seperti tempat tinggal saya, Gang Serasi dan Gg Cahaya Kelurahan Gundaling II Berastagi tidak pernah merayakan Kerja Tahun (Pesta Tahunan), disini kita rayakan sekaligus mengenalkan adat dan budaya Karo.”Ujarnya.

Kerja Tahun yang pertama ini dihadiri oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara,Camat Kecamatan Berastagi,dari Kelurahan Gundaling II Berastagi,Danramil 03/BT,Polsekta Berastagi,juga IKA SMANSAGI.

Ketua SMANSAGI Moh Dalwan Ginting,S.H .,Sp.N mengucapkan selamat Kerja Tahun buat seluruh Siswa/Siswi SMA Negeri I Berastagi beserta seluruh staf pengajar terutama kepala sekolah, semoga ini terus berkelanjutan, ini program luar biasa dan sangat berharga.”katanya.

Pantauan Media dalam kesempatan ini acara ini betul betul nuansa kerja tahun dan mengangkat budaya karo melalui program Landek (Nari), menghadirkan perkolong kolong Samuel Sembiring dan Berlian Br Sitepu, tarian Aron,Roti Manis dan juga tarian Beru Silima yang rame, Ertudung, dan penyajian menu khas karo.

(Reporter:Anto/Editor:Supriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *