BAZNAS SUMUT GELAR PEMERIKSAAN DAN KONSULTAS KESEHATAN GRATIS DI ACARA PENYALURAN ZIS TRIWULAN II TAHUN 2023

suaramedannews.com- Medan- Pada tanggal 9 Agustus 2023, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Propvinsi Sumatera Utara telah melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan serta pengobatan gratis pada acara Penyaluran Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) Triwulan II Tahun 2023 kepada masyarakat di Sumatera Utara.Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada para penerima zakat dan menunjang aspek kesehatan mereka.

Dalam acara tersebut, Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Provinsi Sumatera Utara menurunkan tenaga medis dalam memberikan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan serta pengobatan kepada masyarakat penerima manfaat. Penerima zakat tidak hanya mendapatkan bantuan dana, tetapi juga diberikan kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis dan mendapatkan saran dan informasi mengenai kondisi kesehatannya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terdiri atas pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Selain itu bagi masyarakat yang mengalami sakit turut diberikan obat secara langsung. Semua kegiatan ini gratis menggunakan ZIS yang telah disalurkan para Muzakki pada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara. Total penerima manfaat sebanyak 30 orang.

Direktur RSB Sumut, Dr.dr. H. Elman Boy, M, Kes, SP.KKLP menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut di atas memiliki tujuan yang sangat bermanfaat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat yang membutuhkan. Dengan mengintegrasikan layanan kesehatan dalam penyaluran zakat, BAZNAS Sumut menampilkan pendekatan holistik yang lebih berdampak positif bagi penerima manfaat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar lebih sadar dan peduli terhadap kesehatannya sendiri.

Acara semacam ini juga mendukung tujuan pemberdayaan masyarakat yang menjadi salah satu fokus dalam pengelolaan zakat dan dana sosial lainnya. Dengan memberikan pelayanan kesehatan, BAZNAS Sumut telah melibatkan tenaga medis dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal ini juga mencerminkan komitmen BAZNAS SUMUT untuk mewujudkan pendistribusian zakat yang Aman Syar”i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

BAZNAS Sumatera Utara mendistribusikan zakat, infak, dan sedekah kepada para mustahik dan penyerahan ZIS tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera utara secara sombolis di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara. ZIS tersebut diberikan kepada para Fakir miskin, Muallaf, Ghorimin dan Fisabilillah dengan total Rp. 212.260.000,-.

Gubernur berharap agar masyarakat penerima zakat bisa terbantu. “Apa yang kita lakukan ini adalah perintah Allah SWT, potensi kita di Sumatera Utara kalau semua memahami tentang ini, maka potensinya bisa mencapai 8 triliun. Namun sampai saat ini kita masih diangka 900 Juta,” ujarnya.
Dalam sambutannya, Gubsu juga menyampaikan bahwa jika saja kita sudah diangka 4 triliun, maka penduduk di Sumatera Utara ini tidak ada yang miskin ekstrem.

Ketua BAZNAS SUMUT Prof. Mohammad Hatta menjelaskan pada sambutannya penerima bantuan pada Triwulan II ini terbagi atas 5 program yaitu, bantuan program Sumut Taqwa (Program Dakwah & Advokasi), Sumut Peduli ( Program Kemanusiaan), Sumut Sehat (Program Kesehatan), Sumut Cerdas (Program Pendidikan) dan Sumut Makmur (Program ekonomi dan Pemberdayaan).

( Reporter: Anto/Editor:Supriadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *