Bersama Disdukcapil, LPKA Palu Penuhi Hak Identitas bagi Anak Binaan

Suaramedannews, Palu – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng bertekad upayakan hak identitas bagi para anak binaan terpenuhi dengan baik. Komitmen tersebut terus dilakukan saat LPKA Palu menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, Rabu, (10/7/2024)

Mewakili Kepala LPKA Palu, Henny selaku Kepala Subseski Pendidikan dan Bimkemas menegaskan bahwa hak identitas merupakan salah satu Hak Asasi Manusia yang fundamental untuk dimiliki oleh setiap orang.

“Anak binaan juga merupakan warga negara yang harus kita penui hak-haknya, salah satunya dengan pemenuhan hak identitas. Jalinan kerja sama ini merupakan komitmen kuat dalam mewujudkan hal tersebut” ungkap Henny

Sebelumnya LPKA Palu telah meraih predikat sempurna dalam pemenuhan Hak Identitas berupa, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik  sepanjang Bulan Januari sampai dengan Juni Tahun 2024.

“Torehan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Disdukcapil Kota Palu dan akan terus berlanjut kedepannya,” jelas Henny

Dalam hal ini LPKA Palu akan melakukan perekaman dan pencetakan Kartu Identitas Anak dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta sinkronisasi Nomor Induk Kependudukan bagi seluruh anak binaan  Hal tersebut juga bertujuan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil, yang diwakili oleh Kepala Seksi Identitas Penduduk , Tasrif menyambut hangat kedatangan jajaran LPKA Palu. Pihaknya akan siap untuk bekerja sama dalam pemenuhan hak identitas bagi para anak binaan.

“Kami akan siap untuk menjalin kerja sama, pastinya kita berharap para anak binaan disini terpenuhi hak identitasnya. Tidak hanya itu, hal ini menjadi kewajiban kita dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” ujar Tasrif

Pemenuhan hak identitas ini juga mendapatkan apresiasi dari Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar khususnya sinergitas yang dibangun oleh LPKA Palu bersama Disdukcapil.

“Terima kasih atas kerja keras dan sinergitas yang dibangun, luar biasa langkah startegis LPKA Palu ditahun 2024 ini. Semoga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” pesan Kakanwil Hermansyah.(Rel/Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *