Dalam MUBES HIMPAK Himpunan masyarakat Pakpak ke-3, Di Hotel Madani Medan “Citra Effendi Capah, Terpilih Kembali Nahkodai Himpak.Untuk periode Ke 2 .2021-2026

Dalam MUBES HIMPAK Himpunan masyarakat Pakpak ke-3, Di Hotel Madani Medan “Citra Effendi Capah, Terpilih Kembali Nahkodai Himpak.Untuk periode Ke 2 .2021-2026

Medan Suaramedannews.com.Sabtu,(9/10/ 2021) Di Gren Hotel Madani jalan sisingamangaraja berlangsung hikmat,. Tertib dan termotivasi ya peserta Musyawarah besar Himpunan masyarakat Pakpak.

‘Mersada mo Suak kepas, simsim pegagan, boang, kelasan, lako menjunjung Lopunta”
Demikian seruan pidato ketua Umum DPP. Himpak Citra Capah saat menyampaikan sambutannya, njuah njuah, njuah njuah ungkapnya.

Hadir pada kesempatan Mubes Himpak Ketiga dihotel Madani Medan, dewan pembina DPP Himpak Dr Musyto Solin, Mpd. Edison Manik, Asisten ll Lidin padang dan Sejumlah dewan pembina lainnya. Menurut salah satu pembina DPP.Himpak Musyito Solin, yang juga Wakil Bupati Pakpak Bharat” kita mendukung Pakpak Bersatu agar indentitas kita semakin yang dikenal adanya Bahasa, adat, dan tanah Ulayat itulah indentitas Pakpak yang membuat kita dikenal. Dewan pembina ini meminta agar dalam pembahasan anggaran dasar anggaran Rumah tangga sebaiknya ditambah dari pengurus pengurus Sulang Silima Pakpak. Harus kita sadari, tak usah ditangisi, tak usah disesali ‘ memang kita sudah jauh tertinggal dari etnis lainnya dan kedepannya kita akan benahi kwalitas pendidikan untuk mampu bersaing dengan etnis lainnya untuk kesuksesan regenerasi Pakpak kearah yang lebih baik.

“Selain dewan pembina Musyto Solin juga menjelaskan bahwa beliau juga ketua umum pengurus Sulang Silima Marga Solin ditanah Ulayat marga Solin kabupaten Pakpak Bharat. Sulang Silima Marga Solin sudah melakukan kerjasama pada pihak pihak donator dan para akademisi akan membangun Rumah Adat Pakpak dengan luas areal 15 hektar yang sama percis dengan Rumah Adat Pakpak Asli, di tanah Ulayat marga Solin tepatnya didaerah singgabit Lae meang, mudah mudahan bisa menjadi daerah destinasi wisata yaitu ‘Wisata Budaya Pakpak’ dengan menggali potensi tanah tanah Ulayat marga Solin. Kita juga berharap perlunya peningkatan sumberdaya manusia yang berkualitas melalui program pendidikan, berkelanjutan, pendidikan dasar, untuk kesuksesan Regenerasi kita, dengan literasi dan humorasi. Sebagai pembina Himpak saya mengajak menyatukan masyarakat Pakpak Silima Suak dimanapun berada. Demikian disampaikan Musyito Solin, Mpd yang juga Wakil Bupati Pakpak Bharat usai membuka secara resmi Musyawarah besar Himpunan Masyarakat Pakpak ke tiga dihotel Madani Medan.

“Edison Manik yang juga pembina DPP.Himpak menyatakan dalam sambutannya” begitu penting dan berharganya organisasi Himpak ini, termasuk perjuangan Himpak, IKPPI salah satu yang melahirkan Kabupaten Pakpak Bharat, kita tidak melihat kebelakang, kita harus melihat Himpak kedepannya merangkul semua organisasi Pakpak, memiliki hak suara yang sama dalam mubes berikutnya. Kita harapkan Himpak merangkul semua pihak. Mengenai kesekretariatan Himpak harus benar benar strategis, jelas dan mampu menampung aspirasi masyarakat Pakpak ditempat yang strategis. Demikian ungkap Edison Manik SE, pembina DPP.Himpak yang sudah empat periode sebagai DPRD Pakpak Bharat dan tiga kali menjadi pimpinan DPRD Pakpak Bharat.(junaidy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *