INSPIRASI MUAMALAT PIONER UNTUK KEMASLAHATAN UMAT (MILAD BANK MUAMALAT KE – 31)

Suaramedannews.com – Tepat Pada tanggal 1 Mei 2023, Bank Muamalat yang merupakan bank syariah pertama di Indonesia tepat berusia 31 tahun melayani kebutuhan transaksi masyarakat.
Memaknai sekaligus merayakan milad-nya yang ke-31 tahun itu, Bank Muamalat mengusung tema “Terdepan, Tangguh dan Terpercaya”.

Bank Muamalat ingin menekankan nilai-nilai yang telah menjadi pijakan selama 31 tahun terakhir yaitu menjadi bank yang selalu terdepan dalam inovasi, tangguh dalam menghadapi tantangan ekonomi, serta tepercaya dalam menjaga amanah dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat.

Tema Terdepan karena Bank Muamalat menjadi yang terdepan sebagai pioner perbankan syariah di Indonesia yang terus berinovasi. mengikuti perkembangan zaman. Berbagai perkembangan inovasi yang dilakukan Bank Muamalat diantaranya terdapat jumlah transaksi kartu Shar-E Debit Muamalat per April 2023 sebanyak 409.510 transaksi dengan porsi transaksi melalui mesin EDC sebanyak 92% dan online sebanyak 8%.

Program ini diharapkan dapat mendorong peningkatan transaksi kartu Shar-E Debit Muamalat. Inovasi dan peningkatan fitur pada kartu debit. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk bertransaksi secara online. Oleh karena itu, melalui program ini kami optimistis volume maupun jumlah transaksi kartu debit dapat meningkat.

Seluruh nasabah Bank Muamalat yang memiliki rekening yang terhubung dengan kartu Shar-E Debit Muamalat dan mobile banking Muamalat DIN, kecuali nasabah Bank Muamalat cabang Kuala Lumpur, dapat berpartisipasi dalam program yang periodenya dimulai sejak 1 Mei hingga 31 Oktober 2023.Kartu debit Bank Muamalat selain dapat digunakan untuk transaksi secara offline melalui EDC merchant maupun online (e-commerce dan online shop) serta tarik tunai di seluruh jaringan VISA di dalam maupun luar negeri. Fitur keamanan pada debit online kartu Shar-E sudah tersertifikasi oleh VISA (Verified by VISA Secure Code).

Pengamanan transaksi pada fitur ini menggunakan teknologi 3D Secure dengan validasi One Time Password (OTP) berupa PIN 6 digit yang dikirimkan melalui SMS.
Tujuan OTP adalah untuk memastikan keamanan transaksi antara merchant dan pelanggan seolah keduanya bertransaksi secara tatap muka. Begitu juga PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terus mengejar target bisnis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar dua kali lipat di tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, bank syariah pertama di Tanah Air ini, menawarkan margin spesial sebesar 3,1% p.a hingga 30 Juni 2023 dalam rangka milad perseroan ke-31 tahun. Secara umum pembiayaan konsumer ditargetkan tumbuh hingga lebih dari 130% pada akhir 2023. Di mana KPR menjadi salah satu bisnis andalan. Per 31 Maret 2023, pembiayaan baru bisnis KPR Bank Muamalat tumbuh 375% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, insentif berupa margin spesial sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam memfasilitasi akses terhadap pembiayaan rumah bagi masyarakat dengan harga yang kompetitif. Kami optimistis inisiatif ini akan memberikan stimulus bagi sektor properti dan membantu masyarakat mewujudkan impian memiliki hunian yang layak.

Guna mengejar target pertumbuhan bisnis tersebut, Bank Muamalat membangun Consumer Processing Center (CPC) di enam kota besar di Tanah Air. Di antaranya Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Adanya CPC ini diharapkan dapat meningkatkan pemenuhan Service Level Agreement (SLA) yang pada akhirnya akan mempercepat proses pengajuan pembiayaan dengan tetap memastikan kualitas yang baik. Bank Muamalat sendiri memiliki produk bernama KPR Hijrah, yaitu produk pembiayaan untuk kepemilikan rumah tinggal termasuk untuk renovasi dan pengalihan (take over) dari bank lain. Terutama bagi para nasabah yang menginginkan pembiayaannya dilakukan berdasarkan prinsip syariah.

“Keunggulan produk KPR Hijrah di Bank Muamalat antara lain uang muka yang ringan mulai dari 0%, besar angsuran atau cicilan bersifat pasti serta pembiayaan yang sifatnya fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, Selain take over pembiayaan, nasabah juga bisa melakukan penambahan (top up) pembiayaan. Dana top up tersebut bisa digunakan untuk tujuan konsumtif seperti renovasi rumah, pembelian perabotan rumah, atau pembelian barang-barang kebutuhan lainnya.

Muamalat juga Tangguh menghadapi tantangan dan perubahan dengan strategi yang kuat serta tim yang berkualitas. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2022 pada Kamis, 11 Mei 2023 di Jakarta.

Dalam RUPST disetujui diantaranya laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 termasuk laporan tugas pengawasan dewan komisaris dan dewan pengawas syariah untuk tahun buku 2022 serta pengesahan laporan keuangan untuk tahun buku 2022 dan penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2022.

Bank Muamalat mencatatkan pertumbuhan laba sebelum pajak (profit before tax) pada tahun buku 2022 sebesar Rp52 miliar, meningkat 316% year on year (yoy).
Peningkatan laba tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan berbasis komisi (Fee Based Income/FBI) perseroan sebesar 95% (yoy) dari Rp560,5 miliar per 31 Desember 2021 menjadi Rp1,1 triliun pada akhir Desember 2022.

Pemegang saham juga menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 18,8% dari laba bersih perseroan tahun buku 2022 atau sebesar Rp5 miliar, dengan memperhatikan persetujuan yang diperlukan, dan sisa dari laba bersih perseroan tahun buku 2022 tersebut secara keseluruhan akan dipergunakan untuk cadangan umum perseroan. Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Muamalat senantiasa mendukung percepatan pertumbuhan bisnis perseroan melalui sinergi dan kemitraan strategis dengan susunan pengurus yang memiliki kompetensi yang mumpuni dalam mengimplementasikan strategi pertumbuhan bisnis Bank Muamalat yang berkelanjutan, serta senantiasa menjalankan perusahaan dengan tata kelola yang baik yang mampu memberikan solusi keuangan syariah yang selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Bank Muamalat juga Terpercaya dalam mengelola dana untuk kemaslahatan umat, sehingga diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat serta mampu menumbuhkan profit.

Dalam 5th Infobank Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) Award 2022”, Bank Muamalat menjadi masuk dalam kategori bank syariah yang memiliki tingkat loyalitas konsumen paling tinggi. Pencapaian Bank Muamalat, diikuti juga oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Penghargaan ini diperoleh melalui riset yang dilakukan oleh MRI (Market Research Indonesia) pada akhir tahun 2021.

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada nasabah baik secara fisik maupun digital. Saat ini, Bank Muamalat juga bertransformasi dalam berbagai hal, seperti transaksi pembukaan rekening mobile banking dan akan terus meningkatkan customer experience untuk semua poin interaksi dengan nasabah. Setiap kesempatan moment of truth akan dibuat lebih sederhana, tanpa ribet dan tentu dengan pelayanan sesuai kebutuhan nasabah.

Dalam SLE Award 2022 , Bank Muamalat meraih peringkat I Best Overall 2021, Peringkat I Loyalty Index 2021 , Peringkat I Engagement Index 2021, Peringkat I Satisfaction Index 2021 Mobil Banking.
Tahun 1998 silam, banyak bank-bank di Tanah Air tumbang akibat krisis moneter.

Ketika itu, pemerintah terpaksa menggelontorkan ratusan triliun dalam bentuk obligasi rekapitulasi ke hampir semua bank kelas kakap, Namun, masih ada bank-bank, yang meski sedikit terguncang, berhasil selamat dari krisis. Bahkan, tanpa bantuan uang negara sepeser pun. Salah satunya, yaitu PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Sebagai Bank murni syariah pertama di Indonesia itu selamat dari krisis bukan tanpa sebab. Bank Muamalat dinilai lebih tahan guncangan karena sistem syariah yang dianut mengharamkan perusahaan dari aksi spekulasi, yang digadang-gadang sebagai penyebab krisis keuangan. terjaga dari negative spread pada saat terjadi krisis moneter pada tahun 1997- 1998, sehingga membuat Bank Muamalat tetap bertahan dalam kategori A dan dalam hal ini bank muamalat tidak membutuhkan pengawasan BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) maupun rekapitalisasi modal dari pemerintah. Sehingga sampai saat ini Bank Muamalat juga Terpercaya dalam mengelola dana untuk kemaslahatan umat, dan di era digital saat ini Bank Muamalat harus perlu memperkuat sistim cyber security dan cyber protection yang sudah ada selama ini untuk mengantisipasi potensi risiko serangan siber di tengah tren digitalisasi jasa keuangan yang perkembangannya semakin cepat
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) didirikan atas gagasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia.

Perseroan mulai beroperasi tanggal 1 Mei 1992/27 Syawal 1412 H dan tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari lahir Perseroan. Perseroan memperoleh izin untuk beroperasi sebagai bank umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 1223/MK.013/1991 tanggal 5 November 1991 dan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 430/KMK.013/1992 tentang Pemberian Izin Usaha Perseroan di Jakarta tanggal 24 April 1992, sebagaimana diubah dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 131/KMK.017/1995 tentang Perubahan Keputusan Menteri Keuangan No. 430/KMK.013/1992 tentang Pemberian Izin Usaha Perseroan tanggal 30 Maret 1995 yang dalam keputusannya memberikan izin kepada Perseroan untuk dapat melakukan usaha sebagai bank umum berdasarkan prinsip syariah.

BMI terus berinovasi dengan mengeluarkan produk-produk keuangan syariah seperti Sukuk Subordinasi Mudharabah, Asuransi Syariah (Asuransi Takaful), Dana Pensiun Lembaga Keuangan Muamalat (DPLK Muamalat) dan multifinance syariah (Al-Ijarah Indonesia Finance) yang seluruhnya menjadi terobosan baru di Indonesia. Selain itu, produk Shar-e yang diluncurkan pada 2004 merupakan tabungan instan pertama di Indonesia.

Produk Shar-e Gold Debit Visa yang diluncurkan pada 2011 berhasil memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kartu Debit Syariah dengan teknologi chip pertama di Indonesia serta layanan e-channel seperti internet banking, mobile banking, ATM, dan cash management. Seluruh produk-produk itu menjadi pionir produk syariah di Indonesia dan menjadi tonggak sejarah penting di industri perbankan syariah. Seiring kapasitas Bank yang semakin besar dan diakui, BMI kian melebarkan sayap dengan terus menambah jaringan kantor cabangnya tidak
hanya di seluruh Indonesia, akan tetapi juga di luar negeri. Pada 2009, Bank mendapatkan izin untuk membuka kantor cabang di Kuala Lumpur, Malaysia dan menjadi bank Pertama di Indonesia serta satu-satunya yang mewujudkan ekspansi bisnis di Malaysia.

Hingga saat ini, Bank telah memiliki 239 kantor layanan termasuk 1 (satu) kantor cabang di Malaysia. Operasional Bank juga didukung oleh jaringan layanan yang luas berupa 568 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, 51 unit Mobil Kas Keliling.

BMI melakukan rebranding  pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank Syariah Islami, Modern dan Profesional. Bank pun terus merealisasikan berbagai pencapaian serta prestasi yang diakui, baik secara nasional maupun internasional. Kini, dalam memberikan layanan terbaiknya, BMI beroperasi bersama beberapa entitas asosiasi dan afiliasinya yaitu Al- Ijarah Indonesia Finance (ALIF) yang memberikan layanan pembiayaan syariah, (DPLK Muamalat) yang memberikan layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Muamalat Institute yaitu lembaga yang mengembangkan, mensosialisasikan dan memberikan pendidikan mengenai sistem ekonomi syariah kepada masyarakat, dan Baitulmaal Muamalat yang memberikan layanan untuk menyalurkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS). PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan layanan QRIS Acquirer kepada nasabah yang menggunakan kode respons cepat atau QR Code dalam menjalankan usahanya. Nasabah sebagai merchant akan dibekali aplikasi khusus bernama Muamalat Merchant App (MMA) untuk mengelola transaksi pembayaran . Selain itu, penerapan layanan ini juga akan memberikan kemudahan bagi bank untuk memperluas kerja sama bisnis kemitraan baik dengan sesama lembaga jasa keuangan (LJK) maupun non-LJK. “Kami yakin dengan adanya layanan QRIS Acquirer ini nasabah Bank Muamalat yang memiliki usaha, khususnya yang bergerak di sektor UMKM, dapat semakin mudah dalam mengelola transaksi pembayarannya. Di samping itu, implementasi ini juga adalah bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah dalam hal akseptasi transaksi nontunai dan pembayaran digital di Tanah Air.

 

SELAMAT MILAD BANK MUAMALAT KE – 31. Terus Menebar Kemaslahatan Umat, Jayakan Ekonomi Syariah Indonesia dan Dunia.
Sunarji Harahap, M.M.

Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN Sumatera Utara dan Guru Best Teacher SMA Unggulan Al Azhar Medan / PENULIS MENDUNIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *