Jelang Pemungutan Suara Ulang, KPU Samosir Adakan Rakor : ASN Diminta Menjunjung Tinggi Netralitas

Suaramedannews.com, Samosir – Sesuai putusan Mahkamah Konsitusi Nomor : 149-01-16-02/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 Untuk Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Samosir pada pemilu tahun 2024 di TPS 12 Desa Pardomuan I Kec. Pangururan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) adakan Rapat Kordinasi (Rakor) kesiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kantor KPU Samosir, Desa Siambalo, Kec. Pangururan. Kamis,(27/06/2024).

Kegiatan Rakor melibatkan KPU dan Bawaslu Sumatera Utara, TNI/Polri, Kejaksaan Negeri Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir, Bawaslu Samosir dan juga Pemerintah Desa Pardomuan I.

Dalam sambutannya Assisten I Tunggul Sinaga mengaku pihaknya memberikan atensi dan apresiasi kepada KPU Samosir dalam pelaksanaan persiapan pemungutan suara ulang (PSU) dan menambahkan sesungguhnya Pemerintah Kabupaten Samosir tidak menginginkan terjadinya PSU di Samosir.

“Tapi karena demokrasi dan sesuai ketentuan, maka kita duduk bersama untuk menyukseskan pemungutan suara ulang ini,” ujar Tunggul.

Lanjut, Tunggul mengatakan pihaknya telah membuat surat edaran yang menyampaikan, pada pemungutan suara ulang pada 29 juni 2024 mendatang, ASN diminta untuk menjungjung tinggi NETRALITAS.

“Bahwa secara spesifik, mana kala ada ASN yang beralamatkan di TPS 12, tetapi tidak terdaftar di DPT, maka dilarang untuk berbondong-bondong hadir,” sebutnya.

Mewakili Kapolres Samosir, Kabag Ops Kompol Hasan menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan demi memastikan kamtibmas pada saat pelaksanaan PSU nantinya.

“Besok kita akan menggelar apel kesiapan PSU. Untuk jumlah personil, kami akan menyiapkan dua pertiga dari jumlah personel yang ada,” ucap Hasan.

Ditempat yang sama Ketua KPU Samosir Vincen Sitinjak, menjelaskan adapun tahapan yang sudah dilakukan KPU Samosir dalam rangka pemungutan suara ulang diantaranya, pembentukan badan adhoc PSU pasca putusan MK, koordinasi antara KPU Samosir dan KPU Sumut, koordinasi kepada Polres Samosir, Koordinasi dengan Bawaslu Samosir, sosialisasi kepada partai politik dan peserta Pemilu, sosial kepada masyarakat dan penyusunan logistik PSU.

Tambah, Vincen akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kec. Pangururan, pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kec. Pangururan, rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kab. Samosir, pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kab. Samosir dan penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kab. Samosir

“Maka pada kesempatan kali ini, kami juga berharap terjalinnya kerja sama yang baik antar pihak terkait,” harapnya.

(Royziki F.Sinaga/red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *