Exif_JPEG_420

Kain Ulos 1000 Meter Mulai Mengelilingi 8 Kabupaten Seputaran Danau Toba

Foto bersama tim kerja panitia Hari Ulos 2023 Minggu, 15/10/2023, di Jembatan Tanah Ponggol, Kab.Samosir.(dok.Royziki)

Suaramedannews.com, Samosir – Hari Ulos yang akan jatuh pada tanggal 17 Oktober ini di meriahkan dengan pawai membentang Kain Ulos 1000 Meter di Jembatan Tanah Ponggol, Kec.Pangururan.Minggu,(15/10/2023).

Pawai pengarakan ulos sepanjang 1.000 meter yang dilaksanakan Yayasan Pusuk Buhit, dalam rangka menyambut Hari Ulos 2023 akan diarak keliling kawasan Danau Toba diproduksi Kyan Ulos di Kota Pematang Siantar bermotif 5 Puak Batak Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, dan Angkola. Dengan anggaran pembuatan kain Ulos 1000 Meter Rp.60 Juta.

Pelepasan Pawai Mengarak kain Ulos 1000 Meter.(Dok.Royziki)

Start yang yang di mulai dari jembatan Tanah Ponggol Minggu 15 Oktober 2023 dihadiri dan dilepas Kapolda Sumatera Utara diwakili Kapolres Samosir yang diwakili Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang, Pangdam I/BB diwakili Danramil 03 Pangururan Kapten Inf. Sugino, Ketua Yayasan Pusuk Buhit Efendy Naibaho, Owner Kyan Ulos Fony Sitanggang, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, DPC Pemuda Pancasila Samosir, Panitia pawai hari Ulos 2023 dan anggota.

Perlu di ketahui Rute Kegiatan pengarakan Kain Ulos 1000 meter ini di mulai dari 15, 16, dan 17 Oktober 2023 dari Jembatan Tano Ponggol-Tanjung Bunga-Simpang Sibea-bea-Tele-Dolok Sanggul-Simpang Bakara-Silangit-Siborong-borong-Balige-LagUboti-Porsea dan Finish di Open Stage Parapat, Simalungun pada 17 Oktober 2023 dilanjut perjalanan melalui Merek dan Sidikalang kembali ke Pangururan.

Kegiatan Hari Ulos 17 Oktober 2022, dari kiri Ketua Yayasan Pusuk Buhit Efendy Naibaho, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH, Sekda Waston Simbolon, Ketua Panitia Sinta Agnes Tamba dan Murni Huber.(dok.Royziki)

Sebelumnya yayasan Pusuk buhit pada 17 Oktober 2022 pernah memecahkan rekor dengan kegiatan yang sama membentang Kain Ulos sepanjang 700 Meter, yang pada saat itu di ketuai Sinta Agnes Tamba dan Royziki F.Sinaga sebagai sekretaris Peringatan hari Ulos Nasional.

Namun sepertinya Yayasan Pusuk Buhit kali ini ingin melawan rekornya sendiri dengan membentang Kain Ulos 1000 Meter yang saat menjadi Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional ketua panitianya Martha Pasaribu bersama RAY Sinambela, Harry Naibaho, Raja Hasoge Panjaitan, Mikhael Siregar, Arief Tampubolon, Murni Huber Tobing dan Asril Hasibuan.

Anggota Pemuda Pancasila Kab.Samosir Membentang Kain Ulos 1000 Meter di Jembatan Tanah Ponggol.(dok.Royziki)

Seperti tahun sebelumnya kegiatan Hari Ulos tetap mendapat dukungan penuh dari Pemuda Pancasila Kab.Samosir, yang tetap menghargai dan mencintai adat dan warisan budaya leluhurnya, hal ini terlihat jelas dengan semangat Pancasila semua anggota bahu membahu membentang Kain Ulos 1000 Meter di Jembatan Tanah Ponggol.

(Reporter:Fery Sinaga/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *