Konferensi VII PWI Deliserdang, Bupati Deliserdang: PWI Berikan Koreksi Saran dan Kritik Demi Kelangsungan Jalannya Pembangunan Daerah

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan memukul gong sebagai pertanda simbolik membuka secara resmi Konferensi VII PWI Deliserdang (Dok.Dinas Kominfo Deliserdang/suaramedannews.com)

Suaramedannews.com, Deliserdang – Di tengah era keterbukaan informasi publik yang membuat informasi jadi saling tarik ulur, kehadiran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjadi organisasi yang memberikan koreksi, saran dan kritik demi kelangsungan jalannya pembangunan daerah.

Bupati H Ashari Tambunan ketika menyampaikan sambutan di Konferensi VII PWI Deliserdang (Dok .Dinas Kominfo Deliserdang/suaramedannews.com)

Hal ini disampaikan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan ketika menyampaikan sambutannya di gelaran Konferensi VII PWI Kabupaten Deliserdang di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Kecamatan Batangkuis, Rabu (25/5/2022).

Suasana Pembukaan Konferensi VII PWI Deliserdang di Hotel Prime Plaza, Batangkuis (Dok.Dinas Kominfo Deliserdang/suaramedannews.com)

Menurut Bupati, anggota PWI akan dapat menyajikan informasi yang benar dan tidak bernuansa provokatif, dengan tetap memiliki rasa tanggung jawab terhadap kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk mengonfirmasi kebenaran berita, saya sering kroscek melalui pemberitaan media cetak yang banyak anggota PWI-nya, meskipun sejumlah media siber juga tidak saya abaikan,” ujarnya.

“Yang paling parah, yang saya pahami adalah sekarang sepertinya ada terasa suasana yang membenarkan tentang idiom, bad news is good news,” imbuhnya

“Makin buruk beritanya, makin baik. Ya barangkali konteksnya bagaimana supaya terjual, ujung-ujungnya komersil,” tukasnya.

Selanjutnya terkait konferensi kali ini, Bupati menilai konferensi tersebut menjadi hal penting dan strategis. Untuk itu Bupati berharap Konferensi VII PWI Deli Serdang ini bisa melahirkan program yang baik, khususnya untuk memastikan pemberitaan yang baik dan benar.

Sementara dalam penyampaian laporannya, Ketua Panitia Konferensi VII PWI Deliserdang, Rinaldi Samosir mengatakan bahwa seharusnya kegiatan ini digelar pada Maret 2022 lalu, namun dikarenakan ada masalah non teknis, maka pelaksanaannya diundur dan baru bisa dilaksanakan Rabu (25/05/2022).

Di Konferensi ini, sebut Rinaldi, ada 20 anggota PWI Deliserdang yang punya hak suara karena berstatus anggota biasa, sedangkan satu orang masih berstatus anggota muda.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Deli Serdang, Khairul Hizad Sembiring, mengatakan Konferensi VII PWI Deliserdang ini akan memilih pengurus baru yang diharapkan bisa mengembangkan kemitraan dengan Pemkab Deliserdang dan instansi lainnya.

“Selama tiga tahun memimpin PWI Deliserdang, anggotanya tidak bertambah tapi justru berkurang karena ketatnya proses rekrutmen yang harus dijalani”, ucapnya.

Misalnya, harus mengikuti uji kompetensi wartawan atau hanya wartawan yang sudah berkompeten dan memenuhi persyaratan mendaftar sebagai anggota muda PWI,” terangnya.

Seusai sambutan Khairul Hizad Sembiring, Ketua PWI Sumatera Utara Farianda Putra Sinik menyampaikan saat ini pihaknya sedang berusaha melobi PWI Pusat agar pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 bisa diselenggarakan di Sumatera Utara.

“Pada HPN itu, nantinya akan ada 60 ribu wartawan yang hadir, belum lagi para pejabat pusat, para duta besar, dan tamu undangan lainnya” ungkap Farianda.

“Sehingga, sangat mendongkrak pendapatan daerah dari sisi akomodasi hotel, UMKM, dan tentu saja pariwisata,” terangnya.

Farianda juga menambahkan bahwa di pelaksanaan Konferensi VII PWI Deliserdang, PWI Sumut hanya sebagai stabilisator yang tidak berpihak kepada calon mana pun. Hal ini yang menurut Farianda berbeda dengan kepengurusan PWI lainnya.

Farianda berharap, konferensi kali ini berlangsung demokratis dan lancar, sehingga ke depan Deliserdang bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan UKW agar wartawan di Deliserdang tidak menyulitkan pihak lain karena wartawannya sudah beretika dan profesional.

“Etika lebih tinggi dari sikap profesional. Makanya untuk jadi profesional, wartawan harus kompeten dulu. Kalau sudah kompeten, maka wartawan akan terlatih, beretika yang baik, dan bersikap profesional,” imbuhnya.

Turut hadir di Pembukaan Konferensi VII PWI Deli Serdang dihadiri, Ketua PWI Sumatera Utara, Farianda Putra Sinik, Sekretaris PWI Sumatera Utara, Sahat Rahmad Hamonangan Panggabean beserta Pengurus, Kepala Dinas Kominfo, Hj. Miska Gewasari, Kepala Dinas Budporapar, H. Khairum Rizal, Ketua PWI Deliserdang, Khairul Hizad Sembiring, beserta pengurus, Ketua KONI Deli Serdang, Khairullah Siregar, para senior PWI Deliserdang, Ketua Panitia, Rinaldi Samosir beserta anggota, perwakilan terkait dan Sekretaris Camat Batangkuis, Junaedi.

(Penulis:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *