Pembekalan Tupoksi Kepala Desa Terpilih Resmi Dibuka Bupati Deliserdang

Suaramedannews.com, Deliserdang – Pembukaan Pembekalan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kepala Desa (Kades) terpilih masa jabatan 2022-2026 dibuka secara resmi oleh Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan di Wing’s Hotel Kualanamu, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, Minggu malam, (26/6/2022).

Acara pembukaan kegiatan yang diselenggarakan selama lima hari dalam dua gelombang itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Deliserdang.

Untuk Gelombang I tanggal 26-28 Juni 2022 diikuti 152 kepala desa dan Gelombang II tanggal 28-30 Juni 2022 sebanyak 152 kepala desa.

“Deliserdang memiliki penduduk kurang lebih dua juta jiwa yang tinggal di 380 desa dan 14 kelurahan, dengan luas kurang lebih 2.241 kilometer persegi. Kesemua itu adalah Delisserdang,” ucap Bupati.

“Saya berharap pembekalan ini menjadi penting untuk kesadaran kita semua, sesungguhnya yang menjadi pemikiran dan tujuan usaha kita adalah untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah Kabupaten Deliserdang”, tambahnya.

Bupati juga menegaskan kepala desa merupakan ujung tombak andalan Kabupaten Deliserdang untuk penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di setiap desa.

“Kepala desa adalah pemimpin di masing-masing wilayahnya. Kita paham desa memiliki kekhasan dan kekhususan, antara lain sejarah desa, asal usul desa dan lain sebagainya”, terangnya.

Bupati mengingatkan kepada para kepala desa, hendaknya tidak hanya menjadi birokrat di organisasi pemerintahan, tapi harus juga menjadi pemimpin, orang tua sekaligus pamong yang mengamong warga desa.

“Hal itu juga kita terapkan di jajaran Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Selain sebagai birokrat kita adalah pamong. Kadang-kadang ketika peraturan tidak mendukung upaya-upaya yang harus dilakukan sebagai pamong, namun kepamongan tersebut harus dilakukan karena kita merupakan harapan bagi setiap warga Deliserdang untuk kemajuan dan kesejahteraan mereka,” jelasnya.

Bupati juga memotivasi para kepala desa terpilih dengan bait atau lirik lagu Mars Deliserdang.

“Kepada kita, tanggung jawab mewujudkan visi Kabupaten Deliserdang yang maju, sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Majulah maju wahai Deliserdangku, ayo maju. Bersama kita bersatu, majulah maju Deliserdang tercinta masyarakat yang berakhlak mulia. Semoga Deliserdang Tetap Jaya, dalam ridho dan rahmat Tuhan Yang Esa,” pesannya.

Turut hadir di acara tersebut Sekda Darwin Zein SSos, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Citra Effendi Capah MSP, Asisten Administrasi Umum Dedy Maswardi SSos MAP, Kadis Pemerintahan Masyarakat dan Desa Drs Khairul Azman MAP, Kadis Kominfostan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kadis P3A dan P2KB Era Permatasari MM, Kepala Bapenda H Timur Tumanggor SSos MSi, perwakilan OPD terkait, para camat se Deliserdang, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Deliserdang, Hajeman.

(Reporter:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *