Pemerintah Komitmen Wujudkan Danau Toba sebagai Bali Baru

Suaramedannews.com, Samosir – Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen mewujudkan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara, sebagai destinasi pariwisata nasional sekelas Bali. Berbagai event nasional maupun internasional didorong untuk turut menjadikan Toba sebagai Bali Baru sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti komitmennya Bapak Jokowi bagaimana Danau Toba menjadi destinasi nasional Bali baru dan kita dari BUMN Pak Erick Thohir juga berkomitmen menyelenggarakan event-event internasional di Danau Toba, ujar Staff Khusus II Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam konferensi pers di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2023).

Aquabike Jetski World Championship merupakan event kedua yang digelar di Danau Toba, setelah F1 H2O Powerboat pada Februari 2023 lalu.

Berbagai event internasional ini, kata Arya, diadakan salah satu tujuannya adalah untuk menggenjot pariwisata di kawasan destinasi pariwisata super prioritas ini.

Ini merupakan rangkaian event internasional yang ingin kita ciptakan. Karena tempat pariwisata tanpa event internasional akan susah untuk berkembang, tuturnya.

Dia pun berharap Aquabike Jetski World Championship semakin meramaikan kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing. Terlebih Danau Toba telah ditetapkan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan berbagai event internasional dalam lima tahun ke depan.

Jadi kedepan kita masih ada event dan mudah-mudahan tahun depan ini akan makin ramai, harap Arya.

Sementara Bupati Samosir Vandiko T Gultom menambahkan, pihaknya pun telah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Penguatan dilakukan baik dari segi anggaran, pembentukan tim, pembinaan hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) jajarannya.

Tujuannya agar event sukses dilaksanakan di Kabupaten Samosir dan bisa membawa nama daerah ini lebih dikenal wisatawan internasional.

Kami atas nama Pemkab Samosir tentu sangat berbangga selain kami bisa membawa event ini ke kebupaten samosir, tentu saja dengan segala keterbatasan namun animo masyarakat sungguh luar biasa, kata dia.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary, mengucapkan terimakashnya kepada pada Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan acara bertaraf internasional.

“Terimakasih juga kepada seluruh pihak yang telah terlibat. Ini menunjukkan peran semua pihak, baik Pemerintah Pusat, daerah, maupun BUMN yang telah bersama-sama membangun seluruh daerah, khususnya Samosir, lebih maju lagi untuk Indonesia, tandas Septriana Tangkary.

(Royziki Feriandi Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *