Pemuda Tabagsel Melakukan Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Masyarakat

Suaramedannews.com,Medan – Wakil Bupati Deli Serdang Drs.H.M. Ali Yusuf Siregar menghadiri acara Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Provinsi Sumatera Utara Jl. Willem Iskandar (d/h. Jl.Pancing Medan, Sabtu,(19/03/2022)

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel Marwan Ashari Harahap
Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel Marwan Ashari Harahap

Ketua Umum Pemuda Tabagsel Marwan Ashari Harahap, dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Wakil Bupati Deli Serdang Drs.H.M. Ali Yusuf Siregar yang juga sebagai Ketua Umum Dewan Penasehat Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel yang hadir untuk membuka secara resmi acara ini, beliau juga menambahkan terima kasih kepada Narasumber dan peserta yang hadir dalam acara pelatihan kewirausahaan yang diadakan Pemuda Tabagsel.

Setelah kegiatan ini Marwan juga mengatakan akan sesegera mungkin mendirikan Koperasi Pemuda Tabagsel yang namanya nanti akan dimusyawarahkan terlebih dahulu bersama-sama rekan Pengurus.

Ditempat yang sama Drs. H.M. Ali Yusuf Siregar Wakil Bupati Deli Serdang dalam sambutannya mengatakan untuk di era digitalisasi dan modernisasi, para pelaku usaha harus bisa memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana berusaha dan menjalankan usaha, baik secara langsung maupun online.

“Masa Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk lebih akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga peluang terbukanya informasi kepada masyarakat semakin meningkat,” kata Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang.

Selanjutnya Ketua Umum Dewan Penasehat PP Pemuda Tabagsel Drs.HM. Ali Yusuf Siregar ini juga berharap, pelatihan tersebut akan menghasilkan wirausahawan baru, menghasilkan produk unggulan berupa barang dan jasa yang kreatif dan inovatif dan memiliki nilai ekonomis serta mampu memberdayakan potensi lokal, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Saya berharap, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana berwirausaha yang baik, tetapi juga bagaimana pelaku usaha dapat mempertahankan usahanya dengan strategi penting dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan, tantangan serta ancaman yang mungkin saja terjadi. Agar, usaha yang telah dibangun bisa terhindar dari potensi gulung tikar,” pesan Wabup.

Senada Kadis Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Utara Ir. Aspan Sopian Batubara yang juga menjadi pemateri dalam acara pelatihan ini berharap kepada setiap pemuda yang selesai kuliah jangan sekedar bercita-cita dan mengharapkan menjadi PNS saja kalau bisa membuka peluang usaha untuk diri sendiri dan masyarakat.

“Kalau bisa pemuda yang selesai kuliah berwirausaha, jangan terlalu mengejar menjadi PNS, akan tetapi cobalah menjadi wirausahawan yang unggul dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.” Jelasnya.

Aspan juga berharap kepada semua peserta yang hadir dalam pelatihan ini setidaknya tidak berhenti sekedar pelatihan saja.

“Harapan dari keseluruhan peserta yang hadir, kalau bisa ada yang jadi, atau muncul menjadi pengusaha yang unggul, jangan Stop sampai disini saja,” harapnya

Lanjutnya, Aspan sangat senang dengan adanya acara yang digagas Ketua Umum PP Pemuda Tabagsel Marwan Ashari Harahap dkk. yang melakukan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pemuda tersebut

“Saya sangat senang dengan acara yang di buat oleh Ketum Marwan ini bisa menjadi contoh untuk organisasi pemuda yang lain untuk terus berkarya”, pungkasnya

Aspan juga memberi contoh pengusaha keripik yang sudah berusia 60 tahun namun tetap semangat menjalankan usahanya dan sudah Go Internasional.

“Contoh penyemangat pengusaha seorang pengusaha kripik pak Muhdi dulu tinggal di Sunggal pengusaha kripik ubi,sekarang sudah ekspor kripik ubi ke Belanda dan Inggris,sudah berumur hampir 60 tahun tapi tetap semangat, apa lagi adek kita yang masih muda tentu harus lebih semangat untuk berwirausaha”, tutupnya.

Toto Budiharto, SE.MSP dari Balai Pelatihan Koperasi (BALATKOP) Propinsi Sumatera Utara yang juga menjadi pemateri, saat di minta komentarnya merasa sangat bangga dengan acara yang diselenggarakan PP Pemuda Tabagsel, harapan beliau bisa menumbuhkan minat bisnis dan menghasilkan produk unggulan di kalangan pemuda yang ada saat ini.

Ditempat berbeda Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Penempatan Kerja Provinsi Sumatera Utara Ir.Jujur Sihombing, M.Si mengatakan kegiatan pelatihan saat ini sangat positif untuk para kaum muda/i dan pencari kerja.

Mhd. Sulyan Pulungan Ketua panitia kegiatan pelatihan kewirausahaan dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membangun minat dan motivasi pemuda untuk terjun ke dunia usaha dan menumbuhkan kebanggan pemuda yang siap mengelola usaha mandiri, karena pemuda harus menjadi estafet dan garda terdepan untuk kemajuan Bangsa.(*)

(Penulis: Amri Harahap / editor: Indra Matondang)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.