Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk Penataan KJA dan Pembersihan Eceng Gondok

Suaramedannews.com, Samosir – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang berfokus pada penataan Keramba Jaring Apung (KJA) dan upaya pembersihan eceng gondok di perairan Danau Toba, wilayah Kabupaten Samosir. Acara ini diselenggarakan di Aula Pusuk Buhit Mako Polres Samosir dalam rangka kesiapan pelaksanaan Event Aqua Bike Word Championship 2023 di Perairan Danau Toba untuk wilayah Kab. Samosir.Kamis,(21/09/2023)

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Wakapolres Samosir Kompol S.T. Panggabean, S.H., dan dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan, termasuk Asisten II Setda Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, M.M, Pabung Kodim 0210/TU Kapten Inf. Sugiono Dinas, Kabag Ops Polres Samosir, Kabid Perikanan Roni Sitanggang, Koordinator Lapangan Dinas Lingkungan Hidup Binsar Silalahi, Kasi PAM Rianto Sinaga, Kabid Promosi Disbudpar Shanny Nainggolan, Kepala UPTD Peralatan Dinas PUTR Piator Situmorang, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Samosir Sarimpol Manihuruk, Para Camat, serta Kapolsek jajaran.

Dalam rapat ini, Wakapolres Samosir menyampaikan bahwa pembersihan eceng gondok akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat di wilayah Kabupaten Samosir. Koordinasi antara berbagai instansi seperti Polres Samosir, Pemkab Samosir, Camat, Polsek, koramil dan Desa sangat penting dalam menjalankan kegiatan ini. Usaha pengumpulan eceng gondok akan dibantu dengan alat berat dan tujuannya adalah untuk memindahkan eceng gondok ke lokasi di daratan.

Kabag Ops Polres Samosir Kompol M Hasan, S.H., M.H, juga menggarisbawahi pentingnya pembersihan eceng gondok dan keramba jaring apung. Beliau menyampaikan bahwa Polres Samosir akan fokus pada kebersihan eceng gondok dan menertibkan keramba jaring apung yang ada di kawasan Danau Toba Kab.Samosir dimana hal tersebut sudah dilakukan pengecekan oleh Kapolda Sumut.

Asisten II Pemkab Samosir menyampaikan “KJA sekitaran Lokasi Event akan kita pindahkan ke Simarsasar, pembersihan Eceggondok dan merapikan KJA agar kita percepat dan Dinas PUTR bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menghadirkan anggota dan alat berat.

Kabid Promosi Disbudpar Shanny Nainggolan menyampaikan “sekitar 30 pembalap dari berbagai negara, kegiata Moto GP Zetski, thema kegiatan United Spirit Of Toba yang kita berikan masukan diganti menjadi United Spirit Of Lake Toba agar seluruh kawasan danau toba ikut serta, dari Arah Tajur sampai kantor dinas perhubungan WFC sebagai lokasi pelaksanaan Event, Diusahakan mempercepat pembanguanan WFC, Jadwal Pelaksanaan di tgl 24 namun bisa berubah di tanggal 23 sesuai jadwal Pimpinan Negara dan Seremoni akan dilaksanakan di Kab. Samosir”

Koordinator Lapangan Binsar Silalahi dinas lingkungan hidup menyampaikan “sudah mulai membersihkan namun jumlahnya saat terbatas dan peralatan yang disiapkan truck dan betor mengangkat ecenggondok, kendala kita yakni pengangkatan dari danau ke atas dimana saat ini ada pembanguanan WFC, kita persiapkan anggota dan petugas lapangan”

Kepala UPTD Peralatan Dinas PUTR Piator Situmorang menyampaikan “apabila memerlukan alat berat untuk melakukan pembersihan Eceng Gondok demi kelancaran acara tersebut kita akan berkoordinasi dengan panitia terkait penanganan eceng gondok”

Pabung Kodim 0210/TU Kapten Inf. Sugiono menyampaikan “Penyediaan Kapal sangat dibutuhkan guna penarikan dan pengumpulan Eceng Gondok ke lokasi penimbunan sebelum diangkat ke daratan”.

Kabid Perikanan Roni Sitanggang menyampaikan “Kami telah melakukan survei, bahwa KJA milik warga Kelurahan Siogung-ogung dan Desa Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan dapat direlokasi ke Simarsasar dan kemungkinan besar esok hari akan dimulai pemindahannya”.

Kesimpulan dari rapat koordinasi tersebut yakni :

1. Pelaksanaan Kebersihan Ecenggondok dan Merapikan/relokasi Keramba Jaring Apung akan dilaksanakan setiap hari Jumat.

2. Pelaksana kegiatan kebersihan dan perapian yakni Polres Samosir, Pemkab Samosir, Camat, Polsek Jajaran dan Desa.

3. Pembersihan Ecenggondok akan dibantu dengan alat berat yang dimulai dengan mengumpulkan disatu lokasi dan akan ditempatkan pada lokasi di daratan.

4. Bahwa pelaksanaan Event Aqua Bike World Championship 2023 yang pelaksanaan di Kab. Samosir yakni dipantai danau toba mulai dari Tajur Kel. Pasar Pangururan hingga Kantor Dishub Desa Pardomuan I Kec. Pangururan Kab. Samosir.

5. Ecenggondok akan dikumpulkan disatu titik dengan cara mendorong menggunakan kapal selanjutnya akan diangkat menggunakan alat berat dan dipindahkan menggunakan Truck.

6. Keramba Jaring Apung yang ada disekitar Desa Tanjung Bunga dan Kel. Siogung-ogung akan direlokasi/dirapikan di pantai Simarsasar

7. Sedngkan untuk daerah lainnya akan dijadwalkan pembersihan ecenggondok untuk kegiatan oengangkatan kedarat menggunakan alat berat dan Truck.

8. Perusahaan Pembanguanan Water Front City Tepi DanaubToba Kec. Pangururan akan disurati untuk percepatan pembangunan dan membersihkan sisa material yang jatuh ke danau dan yang dilokasi bangunana dikarenakan lokasi tersebut akan digunakan sebagai lokasi pelaksanaan Event Aqua Bike Word Championship 2023 di Perairan Danau Toba untuk wilayah Kab. Samosir.

(Reporter:Fery Sinaga/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *