1000 Ulama NU SUMUT Akan Berkumpul Awal September Mendatang

suaramedannews.com,Medan- PWNU Sumatera Utara menggelar rapat gabungan PWNU, PCNU dan Banom-Lembaga NU via zoom bersama pada hari Minggu (13/08/2023) mulai pukul 20.00 WIB s.d Selesai. Rapat gabungan itu dilakukan guna mempersiapkan hajat besar NU Sumatera Utara untuk melaksanakan Mukerwil sekaligus Halaqah Akbar mengumpulkan 1000 ulama NU dari berbagai penjuru Sumatera Utara yang diagendakan akan dilaksanakan tanggal 1-4 September 2023 di Asrama Haji Medan.

Halaqah Akbar mengumpulkan 1000 orang ulama yang berlatar pimpinan pesantren, tokoh agama dan masyaikh ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi sesama ulama NU dan pimpinan pesantren sekaligus bisa menjadi media untuk mengumpulkan informasi-informasi perkembangan NU, termasuk mengenai sejarah NU di Sumatera Utara.

Rapat ini dipimpin oleh Ketua PWNU Sumut H. Marahalim Harahap. Beliau menegaskan pentingnya bagi penerus NU di Sumatera Utara sekarang ini untuk menelusuri perjalanan NU di Sumut yang mulai dilupakan orang terutama menelusuri zuriyat/anak keturunan para pendiri NU di Sumatera Utara untuk menggali sejarah NU yang sebenarnya di Sumatera Utara.

“Para pejabat NU bila menyampaikan sambutan itu versinya bermacam-macam, ada yang bilang NU di Sumatera Utara ini lahir tahun 46, ada yang bilang tahun 47 dan bahkan ada yang bilang tahun 55, jadi harus kita luruskan sesungguhnya tentang sejarah NU di Sumatera Utara ini,” ungkapnya.

Sebagai panitia ditunjuk H. Ahmad Qosbi Nasution sebagai Ketua, H. Muslim Lubis sebagai Sekretaris dan sebagai Bendahara H. Abrar M. Dawud.

Kemudian Halaqah Akbar ini juga nantinya diharapkan bisa menghasilkan sebuah buku resmi yang berisikan tentang sejarah NU di Sumatera Utara beserta tokoh-tokohnya.

Selain membahas pertemuan 1000 ulama, rapat zoom ini juga membahas persiapan Mukerwil PWNU Sumut secara teknis.

Untuk peserta Mukerwil setiap PCNU akan mengirimkan 4 orang utusan yang terdiri dari Rois, Ketua, Katib dan Sekretaris.

“Peserta Mukerwil akan dihadiri oleh pengurus PWNU, Lembaga dan Banom dua orang, ketua dan sekretaris serta unsur PCNU 4 orang, Rois, Ketua, Katib dan Sekretaris. Kita registrasi Jumat pagi, setelah makan siang akan dimulai acara pembukaan,” ujar Abrar yang memberikan penjelasan teknis seputar persiapan Mukerwil.

Rapat zoom ini diikuti lebih kurang 100 orang dari 33 PCNU Kab/Kota Se-Sumatera Utara, unsur Banom dan Lembaga tingkat PWNU, unsur PWNU dan panitia.

( Reporter:Anto/Editor:Supriadi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *