Aquabike Jetski World Championship Momentum Pengembangan Sport Tourism Dairi

Suaramedannews.com, Dairi – Kabupaten Dairi menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Perhelatan itu menjadi momentum sekaligus babak baru pengembangan sport tourism (wisata olahraga) di Dairi.

Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan untuk pertama kali, Tano Kekelengen Kabupaten Dairi, Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan dipercaya menjadi tuan rumah event kelas internasional. Kesempatan itu juga menjadi babak baru untuk Tao Silalahi menyelenggarakan sport tourism.

Tentu kesempatan itu jadi babak baru bagi Dairi dan Tao Silalahi untuk mampu menjadi tuan rumah event sport tourism yang lain ke depannya. Jadi mari datang, ramaikan, dan sukseskan pesta rakyat berskala internasional itu, kata Eddy, di Dairi, Kamis (23/11/2023).

Pemerintah Kabupaten Dairi sukses menyelenggarakan rangkaian kegiatan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Silahisabungan pada 22-23 November 2023.

Atas kesuksesan tersebut, Pemkab Dairi mendapat apresiasi dari sejumlah berbagai pihak, diantaranya dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Badikenita Putri Sitepu.

“Kesan pertama yang begitu menggoda. Sebuah persiapan yang sangat baik telah disediakan Pemkab Dairi dalam event internasional itu. Tadi saya juga sudah bicara dengan event organizer (penata acara) internasionalnya dan mereka mengatakan sangat menyukai persiapan yang dilakukan Pemkab Dairi,” kata Badikenita Putri Sitepu.

Badikenita menambahkan, antusiasme penonton luar biasa, lintasan tertata rapi, serta fasilitas lainnya sangat mendukung kesuksesan acara ini.

“Kita apresiasi Bupati dan seluruh jajarannya yang sudah berusaha keras. Apapun ini adalah untuk membawa nama negara kita, bangsa kita, ke dunia internasional,” ucapnya.

Harapannya, lanjut Badikenita, kegiatan-kegiatan internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Kabupaten Dairi bisa lebih meriah lagi dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023.

Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti oleh 41 rider. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

(US/Royziki F.Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *