Exif_JPEG_420

KEMENANGAN PIALA SAMOSIR BAGI GYORGY KASZA, JEAN-BRUNO PASTORELLO SEGEL GELAR KEJUARAAN DUNIA UIM-ABP RESURANCE DI DANAU TOBA

Suaramedannews.com, Samosir – Pembalap Hongaria Gyorgy Kasza memastikan kemenangan Moto keduanya hari itu untuk memastikan kemenangan di Piala Samosir dalam perlombaan di mana tempat kedua memastikan Kejuaraan Dunia Ketahanan UIM-ABP 2023 dan kesuksesan keseluruhan di Grand Prix Indonesia untuk veteran Prancis Jean-Bruno Pastorello di Danau Toba yang spektakuler di Sumatra Utara.Jumat,(24/11/2023).

Kemenangan kedua Kasza hari itu dengan selisih waktu 12,645 detik menegaskan bahwa ia meraih Piala Samosir dengan poin maksimal.

Disusul Rashed Al-Dawas dari Kuwait berada di posisi kedua dengan nyaman dan berhasil menghindari Pastorello dalam upaya untuk memenangkan Grand Prix dan Kejuaraan Dunia tetapi siswa berbakat itu mengalami masalah teknis dan akhirnya kembali ke posisi kedelapan dan ketiga di akhir pertandingan.

Sedangkan Pastorello sempat mundur dari balapan karena baling-baling Kawasaki-nya patah.

“Cerita yang luar biasa. Itu sangat sulit. Kasus penyelesaian pertama atau terakhir. Saya tahu bahwa Al-Dawas mempunyai masalah dan saya terus berkata pada diri sendiri setiap meter, dorong, dorong. Ketika saya melihat jam dan dua menit lalu saya melihat apa yang terjadi padanya. Dan saya menang. Satu poin sudah cukup… Terima kasih kepada tim, keamanan dan tempat balapan ini.”kata Pastorello

Sedangkan Pembalap Amerika yang berbasis di Alabama, Anthony Radetic di posisi ketiga dan membuat mantan pilot helikopter itu naik podium Kejuaraan Dunia Ketahanan kedua, lima poin di belakang Pastorello. Rashed Al-Tayer dari Tim Abu Dhabi finis keempat dan menyelesaikan tiga hari balapan dengan posisi serupa di kejuaraan.

Kylie Ellmers yang berbasis di Australia menyusul di urutan kelima, sementara Johan Johansson dan Cseke Zsolt finis di urutan keenam dan ketujuh. Johansson dan Ellmers menempati posisi kelima dan keenam di klasemen Kejuaraan Dunia. Aitzol Beristain dan Hilman Kurniawan melengkapi 10 besar di Moto di belakang Al-Dawas dan Alberto Santini, Kanina Ramadhina, Lucky Limanjawa dan Kristian Kuchta juga memastikan finis balapan.

Motos kedua pada hari Jumat di lintasan 3,96 km dekat base camp di Pangururan akan menentukan hasil Samosir Cup dan Kejuaraan Dunia Ketahanan UIM-ABP.

Diadakan di bawah bendera ‘Semangat Persatuan Danau Toba’, ajang ini menarik 15 starter dengan kegagalan piston di pagi hari yang membuat pembalap Thailand, Permphon Teerapatpanich tersingkir, dan baling-baling patah membuat peluang Alejandro Molina Miranda menjadi juara. Cliff Ellmers, Michele Cadei, Yousef Al-Abdulrazzaq, Makaio Wimylie dan François Medori juga gagal menjadi starter.

Kasza (39), memimpin sejak awal dan menghindari pemimpin kejuaraan baru Al-Dawas, Al-Tayer di Karo serta pemenang Piala Dairi Pastorello melalui putaran pertama.

Keunggulan itu bertambah menjadi 12,483 detik setelah tiga lap, saat Al-Tayer dan Pastorello berhasil melewati Al-Dawas dan merebut tempat kedua dan ketiga. Saat ini, Pastorello akan mengalahkan Al-Dawas untuk meraih gelar juara dunia melalui tie-break!

Namun pembalap Prancis itu memiliki tekad yang kuat dan berhasil menyalip Al-Tayer untuk merebut posisi kedua, posisi yang akan memberinya gelar juara dunia jika ia dapat mempertahankannya selama 24 menit sisa balapan.

Namun sayangnya hal itu tidak terjadi dan pebalap berusia 51 tahun itu turun kembali ke posisi keempat pada putaran keenam di belakang dua rivalnya dari Arab dalam final yang kacau balau dalam tiga hari aksi ketahanan yang mendebarkan di danau vulkanik yang spektakuler.

Beda halnya Dengan Chen Shan absen setelah dua lap karena masalah teknis, pemenang lap tercepat Kasza memperbesar keunggulannya atas Al-Dawas menjadi 13,237 detik hingga lap ketujuh, namun Pastorello berhasil merebut kembali posisi ketiga dengan mengorbankan Al-Tayer, yang juga sempat disusul oleh Al-Dawas.

Apakah akan ada perubahan yang terlambat? Al-Dawas mampu menangkis tantangan dari Pastorello dan juga mulai mendekati pemimpin Kasza. Kesenjangannya berkurang menjadi 8,834 detik menjelang putaran ke-13, meskipun Pastorello tertinggal kurang dari empat detik dari pembalap Kuwait tersebut, karena mengetahui bahwa ia harus melewati siswa tersebut untuk merebut gelar juara dunia lainnya.

Tidak ada drama di akhir pertandingan untuk Kasza dan pemain Hongaria itu menghibur penonton yang berjejer di tepi danau dengan kemenangan kedua hari itu. Al-Dawas mempertahankan kecepatan yang mengesankan untuk mengalahkan Pastorello dan menyegel Kejuaraan Dunia tetapi kesalahan besar terjadi pada lap 18 dan pemain Prancis itu menemukan cara untuk memastikan gelar, dengan Al-Dawas yang patah hati mengalami masalah dan terjatuh. Pembalap Kuwait itu juga tertinggal di belakang Radetic, Al-Tayer, Ellmers, Johansson dan Zsolt untuk finis kedelapan setelah 21 lap.

Perlu diketahui Danau Toba merupakan bagian dari UNESCO Global Geopark Kaldera Toba dan merupakan salah satu dari lima geopark global UNESCO di Indonesia. Merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia.

Besok (Sabtu) adalah hari pertama babak final Kejuaraan Dunia Aquabike Pro UIM-ABP dengan sesi latihan bebas untuk peserta Ski Ladies GP1, Divisi Ski GP1, Runabout GP1 dan Freestyle yang akan berlangsung mulai pukul 09.00 (waktu setempat) di venue balapan baru di Balige.

Berikut Jadwal Kegiatan Besok,Sabtu,(25/11/2023)

 

(Royziki Feriandi Sinaga/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *