Kabupaten Deliserdang Peringati HUT ke-76 “Dengan kerja produktif, demi meraih cita-cita dan harapan “

Suaramedannews.com, Deliserdang – Tanggal 1 Juli 1946, menjadi tonggak sejarah bagi Kabupaten Deliserdang. Sebab, setelah melalui diskusi panjang dengan memperhatikan rentetan fakta sejarah, 1 Juli 1946 ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Deliserdang. Dan tanpa terasa, saat ini usianya sudah menginjak 76 tahun.

“Usia 76 tahun merupakan rentang waktu perjalanan yang cukup panjang, penuh dengan dinamika sejarah. Sebagai masyarakat Deliserdang, kita wajib bersyukur dengan menjadikan momen hari jadi Kabupaten Deliserdang yang kita peringati ini menjadi inspirasi dan motivasi,” ucap Bupati dalam pidatonya di Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kabupaten Deliserdang yang berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati Deliserdang, Jalan Negara, No.1, Lubukpakam, Jumat (1/7/2022).

“Yang kita peringati hari ini menjadi sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan di daerah ini dengan karya dan prestasi yang kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan. Dengan kerja produktif, demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan lebih baik dan tentunya sesuai visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” lanjutnya.

Peringatan HUT ke-76 Kabupaten Deliserdang kali ini mengangkat tema, “Bergerak dan Bangkit untuk Deliserdang Maju dan Sejahtera”.

Dengan tema tersebut, sebut Bupati, diharapkan kepada masyarakat Deliserdang untuk bergerak dan bangkit di era baru setelah dua tahun melewati kondisi sulit akibat pandemi Covid-19, menuju terwujudnya masyarakat Deliserdang yang maju dan sejahtera.

“Dalam menghadapi kondisi tatanan sosial, politik, ekonomi, hukum, keamanan, dan ketertiban yang semakin kompleks, kita harus mampu menjawab segala permasalahan yang ada dalam masyarakat secara cepat, tepat dan akurat. Tentu saja kita bersyukur, karena hingga hari ini berbagai permasalahan tersebut bisa disikapi,” tegasnya.

Melalui momen HUT ke-76 Kabupaten Deliserdang ini, Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk memperkuat kekompakan dan kebersamaan, persatuan, kesatuan, keteladanan dan kearifan untuk menyukseskan berbagai program Pemerintah Kabupaten Deliserdang.

Untuk merealisasikannya, imbuh Bupati, dibutuhkan kerjasama harmonis dan bersinergi antara pemerintah dan masyarakat guna mewujudkan pembangunan lebih baik di Deliserdang.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat, sambung Bupati, Kabupaten Deliserdang telah banyak memperoleh penghargaan dan apresiasi dari pemerintah pusat dan berbagai lembaga yang berkompeten. Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan bahwa Kabupaten Deliserdang tercatat sebagai salah satu kabupaten berprestasi.

“Dan bagi kita, prestasi-prestasi itu menunjukkan kita telah melakukan pekerjaan dengan benar sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Tentunya ini memberi konsekuensi dan tanggungjawab yang lebih besar bagi kita dan hars dijadikan sebagai stimulan dalam meningkatkan kinerja, kebersamaan, kekompakkan, sinergitas pada setiap level pemerintahan mulai desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten,” papar Bupati.

Perbup Mars Deli Serdang

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang, Mukti Ali Harahap SAg MSi, membacakan Peraturan Bupati (Perbup) Deli Serdang No.39 Tahun 2022 tentang Mars Deliserdang.

Dalam Perbup tersebut dijelaskan dalam rangka menumbuhkembangkan semangat cinta tanah air dan daerah, serta mendukung pembangunan mental dan spiritual masyarakat Deliserdang untuk mewujudkan Kabupaten Deliserdang yang maju, sejahtera, religius, dan rukun dalam kebhinekaan, bahwa penggunaan Mars Deli Serdang merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan semangat cinta tanah air dan daerah, untuk membangkitkan semangat membangun daerah serta memperteguh persatuan dan kerukunan masyarakat Deliserdang.

Dan dalam rangka melaksanakan kewenangan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah dan menjamin kepastian hukum penggunaan Mars Deli Serdang, maka diperlukan adanya pengaturan mengenai Mars Deli Serdang.

Selain itu, sesuai Surat Ketua DPRD Deli Serdang No.188.3/1642 tanggal 29 Juni 2022, yang pada prinsipnya sangat mendukung Mars Deli Serdang ciptaan H Khairus Syahri SHi ditetapkan melalui Peraturan Bupati Deli Serdang.

Pemberian Cenderamata

Di akhir upacara, Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan memberikan cenderamata kepada pejabat eselon II yang purna bakti, yaitu Gustur Husin Siregar SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Drs Haris Binar Ginting, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Setelah itu, dilakukan juga penyerahan penghargaan kepada kepala desa berprestasi, serta penyerahan Kartu BPJS kepada pemulung.

Upacara tersebut turut dihadiri Forkopimda Deliserdang, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Sekda Darwin Zein SSos, Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Herawati Darwin Zein, para Staf Ahli, Asisten, kepala OPD, Ketua Majelis Ulama Indonesia Deliserdang Kyai Amir Panatagama SPdi, mantan Wakil Bupati Deliserdang, H Zainuddin Mars, dan organisasi kemasyarakatan.

(Reporter:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.