Kabupaten Toba Bukan Kabupaten Samosir

Suaramedannews.com, Sumut – Banyak Wisatawan Nasioanal dan Mancanegara yang ingin berkunjung ke Danau Toba untuk melihat danau terluas di Asia Tenggara yang masuk jajaran danau terdalam di dunia yang memiliki kedalam mencapai 529 meter dengan luas lebih dari 1.130 Kilometer persegi, karena luasnya, Danau Toba pun menyandang predikat Danau Vulkanik terbesar di dunia.

Selain menyandang predikat Danau Vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba juga terkenal dengan pemandangan alam yang cukup indah dan pernah menjadi tuan rumah untuk olah raga air Jetsky yang bertaraf Internasional.

Danau Toba sendiri memiliki tujuh Kabupaten yang mengelilinginya, terdiri dari Kabupaten Toba, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humban Hadundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Karo.

Dari tujuh Kabupaten ada satu kabupaten yang dulunya sempat satu kesatuan yaitu Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir yang dulunya memiliki nama Kabupaten Toba Samosir.

Pergantian nama salah satu daerah di Provinsi Sumatera Utara ini berlandaskan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020.

Dan mulai berlaku pada 26 Februari 2020, PP tersebut mengatur tentang perubahan nama Kabupaten Toba Samosir.

Berdasarkan PP ini, nama Kabupaten Toba Samosir resmi diganti menjadi Kabupaten Toba.

Dilansir dari Wikipedia Kabupaten Samosir merupakan pemekaran dari kabupaten induk yakni Kabupaten Toba (sebelumnya masih bernama Toba Samosir), yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara.

Pembentukan kabupaten ini diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004 oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia. Namun, sejarah panjang Kabupaten Samosir, telah dimulai sejak tahun 1956, di mana wilayah ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Tapanuli Utara sebagai kabupaten induk yang kemudian dimekarkan menjadi beberapa kabupaten baru.

Perlu diketahui untuk Kabupaten Samosir terletak ditengah Danau Toba yang biasa dikatakan banyak orang menyebutnya Pulo Samosir. Sedangkan Kabupaten Toba masih bersatu dengan Pulau Sumatera yang wisatanya dikenal dengan sebutan Perapat atau Ajibata.

Inilah perjalan singkat pemekaran Kabupaten yang dulunya satu kesatuan dan kini menjadi dua Kabupaten.

Bagi wisatawan Nasional atau pun Mancanegara yang ingin berkunjung ke salah satu Kabupaten wisata ini sudah bisa membedakan mana itu Kabupaten Toba dan Mana itu Kabupaten Samosir.

(Editor:Royziki Feriandi Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *