SMK Negeri 9 Medan Gelar Bimtek Sertifikasi Kompetensi, Kadisdik Provsu : Hasilkan SDM Kompeten dan Perkuat Kapasitas

Suaramedannews, Medan – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Medan (SMK N 9 Medan) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) acessor sertifikasi kompetensi siswa Tahun 2024 di Saka Hotel, Jalan Gagak Hitam, Medan, Kamis (18/04/2024).

Dalam sambutannya Kadis Pendidikan  Provinsi Sumatera Utara (Kadisdik Provsu), Ir.Abdul Haris Lubis MSi mengharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan siap pakai dan dapat memperkuat kapasitas SMK di Sumatera Utara, sehingga siswa siswi tidak hanya siap kerja namun siap menjadi bagian dari solusi untuk tantangan yang dihadapi di industri dan masyarakat kedepannya.

Lanjut Kadisdik Provsu menyampaikan SMK di Sumut diharapkan terus berbenah dalam rangka memghadapi perubahan dan tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan terus melakukan penguatan ‘link and match’ antara SMK di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) melalui kerjasama berkelanjutan, penyelarasan kurikulum, perluasan kesempatan praktik kerja industri bagi guru dan peserta didik di DUDI. Ir.Abdul Haris Lubis juga mengatakan hadirnya praktisi industri lebih banyak menjadi guru tamu di SMK untuk memperkuat ‘Teaching Factory’ bagi SMK Negeri akan memperkokoh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Akhir kata Kadisdik Provsu menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan menjalankan misi mulia ini.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Provsu , Dr.Suhendri MA dalam sambutannya mengatakan tuntutan tentang peningkatan kualitas lulusan pendidikan vokasi terus berkembang seiring perkembangan industri, apalagi sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Proses belajar pendidikan vokasi harus dirancang agar menyerupai tempat kerja di dunia induatri dan dunia usaha baik peralatannya, sarana prasarana pendukungnya keterampilan dan penggunaan alat kerja dan mesin produksi maupun budaya kerjanya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Medan, M.Sofa Ananda, SPd menyampaikan dalam menghadapi tantangan Revolusi 4.0 pendidikan vokasi harus terus berkembang secara dinamis dan mampu menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi. Dibutuhkan komitmen yang tinggi agar pendidikan vokasi mampu menghasilkan lulusan kompeten dalam bidang literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia sebagai tenaga kerja produktif profesional yang diakui nasional dan internasional.

Hadir dalam kegiatan ini berjumlah 60 peserta, terdiri dari acessor LSP P-1   SMKN 9 Medan dan lsp P-3  Nusantara yang akan melakukan uji sertifikasi kepada 442 orang siswa Kelas XII Tahun 2024.(Isron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *