Tepung Tawar dan Lepas 372 Calhaj, Bupati Titikkan Air Mata dan Titip Doa Untuk Deliserdang

 

Bupati H Ashari Tambunan saat menepngtawari calon haji termuda dan tertua asal Kabupaten Deliserdang ( Dinas Kominfo Deliserdang / suaramedannews.com )

Suaramedannews.com, Deliserdang – Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan menepung tawari dan melepas secara resmi keberangkatan 372 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Deliserdang tahun ini, di Balairung Pemkab Deliserdang, Kamis (2/6/2022).

Pada acara tersebut, Bupati berharap para jemaah calon haji asal Deliserdang bisa menjadi haji mabrur sekembalinya ke tanah air khususnya ke Deliserdang.

Prosesi tepung tawar yang dilaksanakan, ujar Bupati, merupakan ungkapan rasa syukur sekaligus penyemangat jemaah calon haji dan doa kepada Allah SWT.

“Semoga diberi kekuatan memenuhi panggilan Allah SWT ke tanah suci. Sebanyak 372 jemaah calon haji yang akan berangkat, harapan kami semua, harapan seluruh keluarga, sebanyak itu pulalah yang kembali pulang ke Kabupaten Deliserdang dalam keadaan sehat walafiat,” ucap Bupati.

Dalam kegiatan ini, Bupati Deliserdang menghimbau kepada jemaah calon haji untuk senantiasa memelihara dan menjaga semangat serta stamina.

“Jaga juga stamina, karena jadwal berangkat sudah semakin dekat. Laksanakan ibadah haji dengan tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT,”, imbuhnya.

Bupati juga berpesan kepada para jemaah calon haji untuk saling menjaga kekompakan dengan kawan-kawan sekelompok, dan mematuhi peraturan serta mengikuti petunjuk dari penyelenggara dan pemandu haji.

“Dan yakinlah doa, dari kami yang tinggal, dari keluarga, akan selalu menyertai langkah para jemaah. Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Deliserdang, saya menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji 1443 Hijriyah bertepatan dengan tahun 2022 Masehi,” tutur Bupati.

Di akhir sambutan, Bupati sempat terharu sembari menitikkan air mata menitipkan pesan kepada jemaah calon haji untuk mendoakan Kabupaten Deliserdang.

“Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim, sebanyak 372 jemaah calon haji Kabupaten Deli Serdang, secara resmi kami lepas, kami tepung tawari, dan kami doakan keberangkatannya. Doakan Deliserdang,” ujar Bupati dengan lirih.

Di acara yang sama, sebelumnya Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdakab H Mukti Ali Harahap SAg MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa pada hari tersebut telah terlaksana kegiatan manasik haji dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Adapun kegiatan ini, sebut Kabag Kesra, dilaksanakan bertujuan untuk:

1. Meningkatkan silaturahmi diantara sesama jamaah haji Kabupaten Deliserdang.

2. Mereview sekaligus pemantapan ilmu manasik haji sebagai modal dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

3. Memberikan semangat dan doa kepada calon Jemaah haji agar mampu dan meraih haji yang mabrur.

4. Melaksanakan silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten sebagai Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Deliserdang.

Selanjutnya H Mukti Al menerangkan, calon jamaah haji Kabupaten Deliseerdang yang berangkat pada tahun ini sebanyak 372 orang dengan rincian : laki-laki sebanyak 146 dan perempuan sebanyak 226 yang berasal dari 17 kecamatan.Dari jumlah tersebut maka jamaah haji termuda atas nama Khairunnisa Muhammad Natsir dari kecamatan Pantailabu dan jamaah haji tertua, atas nama Muhammad Ramli dengan usia 64 tahun dari kecamatan Tanjungmorawa.

Turut hadir di kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Deliserdang Nusantara Tarigan Silangit, anggota DPRD Deliserdang M Darwis Batubara, Ketua TP PKK Kabupaten Deliserdang , Hj. Yunita Ashari Tambunan unsur Forkopimda Deli Serdang, Sekda Darwin Zein S.Sos, Ketua Dharma Wanita Persatuan Herawati Darwin Zein, para pimpinan OPD dan Kabag, Kakan Kemenag Deliserdang, Drs. Abdul Haris Harahap MAP, Ketua MUI Deliserdang Kyai Amir Panatagama SPdi, serta para pimpinan ormas Islam.

(Reporter:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *