Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024 di Kabupaten Samosir

Suaramedannews.com, Samosir – Lapangan Mako Polres Samosir menjadi lokasi pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024, yang dipimpin oleh Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H.Senin,(12/02/2024).

Kegiatan ini sebagai kegiatan akhir untuk mempersiapkan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Samosir.

Dalam apel tersebut, hadir Waka Ops Res, Karendal Ops, para Kasatgas, Personil Dalmas / Personil Siaga Wilayah, serta seluruh personel pengamanan di PPK dan TPS wilayah hukum Polres Samosir.

Sebelum memulai arahan, Kapolres Samosir menyerahkan tas perlengkapan kepada seluruh petugas pengamanan TPS.

Dalam arahannya, Kapolres Samosir menekankan pentingnya pengamanan dalam setiap tahapan Pemilu. Beliau menyampaikan, “Pengamanan Pemungutan Dan Penghitungan Suara Hingga Rekapitulasi Suara Adalah Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang memiliki nilai yang spesifik dalam pesta demokrasi. Petugas Polri dituntut mencegah potensi rawan yang ada di swkitar area TPS sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas Pemilihan Umum Serentak 2024 yang dwmokraai dan berkualitas”.

Selain itu, beliau juga menggarisbawahi kewajiban petugas Polri dalam pengamanan TPS, termasuk langkah-langkah pengamanan, penggunaan seragam, serta prioritas keamanan wilayah TPS.

Usai apel, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Samosir, disertai dengan penyerahan multi vitamin dan obat.

Dalam kesempatan berbicara dengan wartawan, AKBP Yogie Hardiman S.H., S.I.K., M.H menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan di 465 TPS dengan kekuatan personel 93 orang dari Polres Samosir dan 37 orang dari BKO Polda Sumut. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Selain itu, personel Dalmas juga disiagakan di dua wilayah, yakni di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi.

“Pelaksanaan Apel Persegeran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 – 2024 adalah tahapan terakhir persiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024. Kita akan lanjutkan dengan pengamanan pendistribusian logistik pemilu dari gudang logistik KPU Kabupaten Samosir ke masing-masing PPK se Kabupaten Samosir,” tegas Kapolres Samosir.

(Reporter:Fery Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *