Cetak Sejarah, 11 Anak Binaan LPKA Palu Lulus Pendidikan Kesetaraan dengan Predikat Nilai Memuaskan

Suaramedannews, Palu – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu kembali cetak sejarah dengan menggelar acara penyerahan Ijazah terhadap 11 orang anak binaan yang berhasil menyelesaikan Pendidikan kesetaraan Paket A, B dan C, Selasa, (2/7/2024). 11 anak binaan tersebut dinyatakan lulus dengan memperoleh nilai rata-rata 80 predikat nilai memuaskan setelah menempuh Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional melalui kerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mulia Kasih.

Prosesi penyerahan Ijazah yang digelar di Aula terbuka itu dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, pejabat Administrator dan Pengawas, Kepala LPKA Palu Revanda Bangun, Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mulia Kasih, Marthen Sa’pangallo, Kementerian Agama Kota Palu serta berbagai organisasi/komunitas pemerhati anak serta orang tua/wali dari para anak binaan.

“Ini merupakan bukti nyata bahwa anak-anak binaan di LPKA Palu memiliki semangat dan potensi untuk belajar dan berkembang, sudah sepatutnya stigma-stigma negatif tentang masa depan mereka yang suram itu dihilangkan, mereka bisa berprestasi juga,” ujar Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun

Revanda menyebut mendapatkan Pendidikan dan pengajaran merupakan hak bagi anak binaan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. “Kami berterima kasih kepada PKBM Mulia Kasih yang terus berupaya memberikan Pendidikan guna mencerdaskan para generasi bangsa tak terkecuali seluruh anak binaan di LPKA Palu,” ucapnya

Sementara itu, Kakanwil Hermansyah memberi apresiasi kepada jajaran LPKA Palu yang telah dengan baik melakukan program-program pembinaan Anak Binaan mulai dari keterampilan hingga bidang Pendidikan.

“Sangat bangga atas prestasi yang diperoleh ini, tentu ini menjadi harapan kita semua juga, agar seluruh anak binaan LPKA Palu dapat terus belajar lebih baik lagi, ketahuilah Pendidikan adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik. Jangan pernah berhenti belajar dan berkarya, meskipun kalian berada di sini, jadilah penerus bangsa yang berakhlak juga berdampak besar bagi masyarakat,” puji Hermansyah Siregar.

Selanjutnya, ia menegaskan bahwa LPKA Palu menjadi projek percontohan bagi Lapas/Rutan yang ada di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam pemenuhan Hak Pendidikan bagi warga binaan dan anak binaan.

“Raihan nilai Ijazah para anak binaan juga sangat memuaskan, rata-rata 80 keatas. Ini membuktikan keseriusan LPKA Palu bersama PKBM Mulia Kasih serta semangat para anak binaan untuk terus maju. Berharap hal ini dapat diterapkan pada Lapas dan Rutan se-Sulawesi Tengah,” tambahnya

Senada, Kepala PKBM Marten juga mengaku bersyukur atas capaian positif ini, ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palu akan terus mendukung penuh program pembinaan yang dilakukan di LPKA Palu, ia memastikan kolaborasi bersama terus ditingkatkan.

“Ini adalah anak kita semua, pastinya akan terus kita dukung pembinaannya, pembinaan yang berkualitas yang mengarahkan mereka meraih prestasi-prestasinya,” tutupnya.(Rel/Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *