REPRESENTASI RADIO DAN TV PUBLIK LOKAL KEKINIAN “LOANCING LOGO BARU”

Suaramedannews.com, Semarang – Setelah tiga tahun berdiri, Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (indonesiapersada.id) melakukan re – branding melalui penetapan logo baru. Langkah re – branding tersebut dilakukan sebagai upaya organisasi agar Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Indonesia semakin adaptif dengan kekinian teknologi informasi, terutama dalam teknologi penyiaran yang terus berkembang. Logo baru tersebut telah di – launching Ketua Umum indonesiapersada.id Ganjar Pranowo, di Bandungan Semarang Jawa Tengah, Selasa malam (18/10).

“Logo baru, semangat baru, konten baru, dan mudah – mudahan ini akan menjadi warna dan menggebrak,” kata Ganjar setelah peluncuran logo baru.

Visualisasi logogram, tampilan visualnya terdiri dari tiga lengkungan dan satu titik lingkaran. Lengkungan terluar berwarna merah menghadap ke atas dengan kemiringan 45. Lengkungan kedua dan ketiga menghadap ke bawah dengan kemiringan 135. Dua lengkungan ini berwarna biru. Dan, bulatan kecil berwarna merah berada di tengah – tengah lengkungan terbuka kedua.

Warna merah logogram pada lengkungan pertama dan bulatan kecil memiliki makna kekuatan, keberanian, energi dan semangat indonesiapersada.id untuk memberikan dedikasinya dalam mewadahi radio dan televisi publik daerah seluruh Indonesia. Sedangkan warna biru pada lengkungan kedua dan ketiga memiliki makna kestabilan, kecerdasan dan rasa percaya diri indonesiapersada.id dalam memajukan radio dan televisi publikdaerah seluruh Indonesia.

Konsep dari logogram tersebut adalah visualisasi dua makna. Pertama, visual dari merangkul, representasi dari indonesiapersada.id sebagai lembaga yang mewadahi radio dan televisi publik daerah seluruh Indonesia. Kedua, visual dari gelombang radio dan televisi, representasi dari indonesiapersada.id sebagai lembaga yang bergerak dan peduli pada bidang radio dan televisi publik daerah di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk logotype terdiri dari teks indonesiapersada.id dengan tulisan menyatu tanpa spasi sebagai syimbol lembaga penyiaran publik lokal yang menyatukan Indonesia dari Aceh hingga Papua. Dilengkapi dengan tulisan yang menjadi ide akronim indonesiapersada.id yaitu Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia.

Logo baru tersebut adalah karya Hamzah Hafiz seorang graphic designer dari Padang Sumatera Barat. Karyanya terpilih sebagai salah satu dari dua nomine Lomba Desain Logo yang diselenggarakan indonesiapersada.id tahun 2021 lalu. Satu nomine yang lain adalah karya peserta dari Gresik Jawa Timur. Lomba itu sendiri diikuti oleh lebih dari seribu peserta. Kedua nomine tersebut disosialisasikan kepada anggota untuk dipilih salah satu sebagai logo baru dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke 4 indonesiapersada.id pada siang harinya sebelum launching. Hasilnya, mayoritas anggota peserta Mukernas memilih karya Hamzah Hafiz.

(Reporter:Fery Sinaga/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *