SOFT LAUNCHING PANTAI LAGUNDI TAMPILKAN OPERA BATAK SI MARDAN

Suaramedannews.com, Samosir – Diiringi penabuhan gendang, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Forkopimda melaunching Objek Wisata Lagundi-Desa Sitamiang,Kamis,(28/12/2023).

Acara Soft Launching menampilkan sebuah pentas seni Opera Batak “Simardan” dan sanggar seni yang ada di Kecamatan Onan Runggu. Untuk Tahun 2023 Pemkab Samosir melakukan penataan Pantai Lagundi dengan Touris Information Center, Dermaga Wisata, Toilet premium, rumah doa, kios kuliner, boardwalk dan pedesterian, gazebo, lampu taman serta panggung kesenian.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyebutkan, Objek Wisata Lagundi dilengkapi dengan panggung kesenian yang secara khusus dirancang untuk pertunjukan Opera Batak.

Opera Batak yang merupakan warisan nenek moyang, saat ini sudah mulai pudar dan hampir punah. Sebagai upaya pelestarian, Pemkab Samosir akan menggali kembali warisan tersebut yang mana pernah meraih kejayaan puluhan tahun lalu. Dalam even internasional Aquabike, Pemkab Samosir sudah menampilkan Opera Batak sehingga sudah dikenal dunia internasional.

“Opera Batak merupakan kebanggaan kita, maka saya komit akan mempromosikan dan membangkitkan kembali. Saya perkenalkan kembali Opera Batak, dan saya komit” kata Vandiko yang mengaku terinspirasi dari tokoh budaya di Kecamatan Onan Runggu.

Tahun depan, Bupati Samosir juga berkomitmen menggelorakan dan menampilkan Opera Batak. Pemerintah peduli dan hadir untuk melestarikan budaya Batak. Untuk itu diharapkan pelaku seni di kabupaten Samosir menyatukan tekad, semangat dan meningkatkan kreatifitas.

“Pemkab akan selalu mendukung, mari seluruh pelaku seni satukan tekad, kita jaga budaya sehingga Samosir betul-betul sebagai daerah asal muasal bangsa Batak” harap Vandiko.

Kepada seluruh warga Sitamiang, Bupati Samosir menitipkan agar merawat dan menjaga seluruh fasilitas yang dibangun serta menjalin kerjasama dengan dinas terkait guna peningkatan sumber daya manusia, sehingga berdampak positif untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan pelestarian budaya.

Turut Hadir, Forkopimda Kabupaten Samosir, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kaban Bappeda litbang Rajoki Simarmata, Kadis Budpar Tetty Naibaho, Kadis Sosial PMD F Agust Karokaro, Kadis Dikpora Jhonson Gultom dan para Camat.

(Reporter:Fery Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *