Persaudaraan Pemuda Islam (PPI) Sumatera Utara Gelar Focus Group Discussion (FGD) Terkait Kenaikan BBM

suaramedannews.com,Medan- Persaudaraan Pemuda Islam (PPI) Sumatera Utara menggelar Forum Grup Discussion (FGD) Terkait Kenaikan BBM, di Medan Minggu, 18 September 2022 dimulai pukul 16.05 WIB.

FGD ini dipimpin oleh moderator Surya Rudini Nasution selanjutnya dilanjut 2 pemateri yaitu Muhammad Amin Siregar selaku Mahasiswa USU dan Joko Imawan, S.Pd.I., MM. selaku Sekretaris DPD PWRI Sumatera Utara.

Dalam paparannya Muhammad Amin Siregar menyampaikan :

“BBM naik harus kita ketahui dulu penyebabnya, yaitu APBN yang selama ini membantu rakyat untuk subsidi kalau dibiarkan bisa saja jebol. Ditambah lagi persoalan geopolitik peperangan antara Rusia dan Ukraina. Jadi kita sebagai pemuda juga harus mengambil momentum ini untuk membuktikan kepada rakyat bahwa pemuda itu masih ada dengan memberi solusi kepada pemerintah tentang energi terbarukan yang berbasis kelestarian lingkungan”.

Kemudian Joko Imawan, S.Pd.I., MM. mengatakan :

“BBM yang selama ini disubsidi sebenarnya banyak tidak tepat sasaran, dan tidak sedikit pihak- pihak tertentu yang mengeruk keuntungan pribadi ataupun kelompok, Sehingga berimpac negara mengalami kerugian. Namun perlu kita sadari bahwa itu adalah hal yang diluar kendali kita, Silahkan rekan- rekan tetap kritis, namun kita juga harus mempersiapkan diri, agar bisa bertahan dan survive disaat seperti ini, karena biasanya kebutuhan yang lain juga akan ikut naik, jadi kita harus upgrade skill dan kreativitas, sehingga kita tetap kuat dalam menghadapi keadaan krisis . ujarnya.

Kemudian moderator membuka sesi tanya jawab. Ada 2 penanya yaitu : Yudi Panggabean selaku mahasiswa UINSU dan Sari mahasiswa USU,

Yudi menanyakan :

“Pertanyaan saya untuk bang Joko, bagaimana kreatifitas yang bisa dilakukan mahasiswa di saat BBM sedang naik?

Sari menanyakan :

“Pertanyaan saya untuk bang Amin, kira-kira apakah harga BBM ini sudah tetap? Tidak bisakah turun? Apakah gerakan dari kita selanjutnya setelah melakukan FGD ini?

Moderator melempar pertanyaan kepada kedua pemateri untuk dijawab.

Jawaban Joko Imawan, S.Pd.I., MM. :

“Rekan- rekan harus sudah mulai gali potensi apa yang dimiliki, sekarang peluang- Peluang sudah banyak, bagi yang hobby buat konten yang berbasis digital juga banyak diminati. Apalagi yang punya skill mengelola web, medsos, design grafis atau video grafi, sekarang ini banyak dicari. Imbuhnya .

Jawaban Muhammad Amin Siregar :

“Grafik harga BBM tentunya tidak menaik saja, pasti bisa turun tergantung anggaran kita. Kalau anggaran kita banyak, jangankan BBM, kehidupan kita dari lahir sampai mati pun bisa disubsidi sama pemerintah. Eskalasi gerakan yang bisa kita buat yaitu mengkawal subsidi BBM dan bantalan agar tepat sasaran. “

Moderator kemudian menyampaikan kesimpulan, bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki pemuda. Konkretkan idealisme itu dengan ikut serta membantu masyarakat pasca naiknya BBM ini.

Acara ditutup dengan foto Bersama.

(Reporter:Anto/Editor:Supriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *